by

Dari Upacara Hari Bayangkara Ke-74

Kapolda: Tahun Ini Sungguh Berbeda
Ambon, BKA- Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Maluku, Irjen Pol. Baharuddin Djafar, merasah perayaan Hari Bayangkara ke-74 sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Perbedaan itu dirasakan saat prosesi upacara dan syukuran peringatan Hari Bhayangkara ke-74 itu, harus menggunakan protokol kesehatan yang dipusatkan di Aula Rupatama Markas Besar Polda Maluku, dengan sub tema “kamtibmas kondusif, masyarakat semakin produktif”.

“Momentum rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-74 tahun ini sungguh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena di tahun ini, kita semua dalam kondisi penuh keprihatinan, akibat wabah Covid-19, yang sementara melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk di Indonesia,” papar Kapolda dalam sambutannya, Rabu (1/7).

Walau Hari Bhayangkara itu dilaksanakan secara sederhana dan menggunakan protokoler kesehatan, namun tidak mengurangi makna dari pelaksanaannya.

Untuk itu, Kapolda menghimbau kepada seluruh aparat Kepolisian Republik Indonesia (Porli), agar terus berupaya melakukan pembenahan serta perbaikan, seperti yang diharapkan masyarakat.

Memang Polri sudah melakukan tugas semaksimal mungkin, namun masih ada sebagian masyarakat selaku penerima layanan yang pasti belum merasa puas.

“Meskipun masyarakat saat ini semakin puas dengan kinerja Polri, namun kami juga tidak memungkiri, kalau di dalam pelayanan yang kami berikan masih terdapat kekurangan dan keterbatasan,” kata Kapolda.

Untuk itu, orang nomor satu di instansi Kepolisian di Maluku ini meminta maaf atas ketidak sempurnaan yang dibuat oleh anggota kepolisian, yang sampai saat ini belum memenuhi apa yang sudah diharapkan masyarakat Maluku.

“Kedepan, Polda Maluku akan terus berupaya secara konsisten dan berkesinambungan, untuk memparbaiki ketidaksempurnaan tersebut, sehingga kualitas pelayanan Kepolisian akan semakin meningkat di Provinsi Maluku ini,” bebernya.

Ia berharap, dalam menjaga stabilitas kamtibmas demi menciptakan produktivitas masyarakat, perlu ada dukungan eksekutif, legislatif maupun TNI, serta komponen masyarakat, baik tokoh agama, toko pemuda dan lain-lain. Karena kalau tidak ada sinergitas yang baik, maka amat mustahil untuk mencapai kamtibmas yang aman, nyaman, damai dan harmoni.

“Untuk semua pihak yang selama ini telah memberikan dukungannya dan bantuan dalam pelaksanaan tugas kami untuk menjaga dan memeliharra stabilitas kamtibmas di Maluku ini, saya selaku kapolda mengucapkan banyak terima kasih,” tutupnya.

Hadir dalam upacara tersebut, Gubernur Maluku Murad Ismail, Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimury, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq, Danlantamal IX Ambon Laksamana TNI Budi Purwanto, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Yudi Handoko, Ketua Pengadilan Tinggi Ambon Zainuddin, Kabinda Maluku Brigjen TNI Ronny, Kepala BNNP Maluku Brigjen Pol Iman Sumantri.

Selain itu, ada juga Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Arif Sumartono, Komandan Guspurla Koarmada III Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara, Waka Polda Maluku Brigjen Pol. Jan de Fretes, Danlanud Pattimura Kolonel Penerbang Sapuan, serta tokoh agama se-Provinsi Maluku. (BKA-1)

Comment