by

Data Mahasiswa MBD Penerima Bantuan Diproses

Ambon, BKA- Pendaftaran mahasiswa penerima bantuan biaya hidup telah ditutup 4 Juli lalu. Kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MBD mulai melakukan proses verifikasi data sesuai peryaratan.

Ketua tim seleksi penerima bantuan biaya hidup, Oyang Philipus, mengatakan, jumlah mahasiswa yang melakukan pendaftaran secara online sekitar 800-an. Dan semuanya memiliki identitas sebagai masyarakat MBD.

“Jadi kalau yang tidak bisa mendaftar, mungkin identitas sudah bukan lagi MBD, melainkan sudah sesuai tempat tinggal. Karena yang kita bantu adalah mereka yang masih beralamat MBD, meskipun tinggalnya bukan di MBD. Jadi, dari sekian yang sudah daftar, selanjutnya, kita akan melakukan verifikasi data sesuai persyaratan yang diminta,” ujar Philipus, Selasa (7/7).

Sebagai tim seleksi, pihaknya hanya bertugas untuk melakukan seleksi. Terkait kapan bantuan itu diberikan, itu menjadi tanggung jawab Bupati sebagai penanggung jawab kebijakan.

“Kita hanya menjalankan tugas yang diberikan. Tidak bertanggung jawab untuk mengambil kebijakan diluar itu. Karena itu tanggung jawab bapak Bupati. Yang pasti, Pemkab akan memberikan bantuan kepada mahasiswa asal MBD yang tidak pulang kampung,” paparnya.

Untuk diketahui Pemkab MBD akan memberikan bantuan biaya hidup kepada mahasiswa selama 3 bulan. Bantuan yang akan diberikan ini, dikhususkan bagi mahasiswa yang berada di daerah terpapar Covid-19. Dengan syarat, harus memiliki KTP serta Kartu Keluarga MBD.

Upaya pemberian bantuan itu dilakukan sebagai bentuk pecegahan penyebaran Covid-19. Dengan harapan, bantuan itu dapat membantu mahasiswa untuk melanjutkan hidup, agar tidak memilih untuk pulang kampung.

“Jadi, bantuan pemerintah kepada mahasiswa di daerah terpapar Covid-19, supaya jangan pulang kampung dulu, untuk mencegah penyebaran covid-19. Ini demi keselamatan pribadi, keluarga dan masyarakat,” katanya, bari-baru ini

Bantuan yang diberikan kepada mahasiswa sebesar Rp 600 ribu per bulan, yang berlaku selama tiga bulan. Tapi hal itu akan disesuaikan kembali dengan masa studi. (LAM)

Comment