by

Data Siswa Penerima Bantuan Terkirim

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri 85 Ambon, Jhon Talacua, mengatakan, data anak-anak didiknya yang memiliki nomor Hp android sudah terkirim ke pusat lewat Dapodik sekolah.

“Kita punya data siswa, semuanya sudah selesai kirim. Sebelum ditutup hari ini (kemarin), kita sudah selesai kirim data siswa. Karena sebagian siswa maupun orangtua tidak memiliki Hp android, maka tidak semua siswa terjangkau dalam proses pendataan yang sudah dikirim itu,” ungkap Talacua, Jumat (11/9).

Selain nomor Hp milik siswa, kata Talacua, bantuan langsung dari pemerintah ini juga mengharuskan sekolah mengirim data lengkap dari masing-masing siswa.

Karena itu, katanya, meskipun data-data yang dikirim tersebut tidak bisa diketahui secara terbuka oleh semua pihak. Namun penyaluran bantuan langsung kepada siswa saat ini merupakan yang pertama kalinya.

Untuk itu, sebagai penanggungjawab sekolah, dia merasa perlu untuk mengingatkan agar data-data para siswanya tetap terjaga hingga proses penyaluran bantuan ini selesai.

“Data yang kita masukan ini lengkap. Mulai dari pekerjaan orangtua hingga tingkat ekonomi keluarga. Termasuk data diri siswa secara lengkap. Memang data itu hanya berlaku untuk kita saja, karena kita yang pegang. Hanya dinas dan instansi terkait yang mengetahuinya. Tapi ini kan baru pertama kali bagi siswa. Apa lagi ini ada nomor Hp siswa. Jangan sampai digunakan untuk hal-hal yang kita tidak tahu,” ingatnya.

Lanjutnya, terkait kapan penyaluran bantuan itu dilakukan oleh pemerintah, Ia tidak mengetahuinya secara pasti. Namun sesuai informasi yang beredar, katanya, bantuan tersebut akan mulai disalurkan bulan September.

Karena itu dia berharap, dalam penyaluran nanti, anak-anak didiknya dapat mendapatkan bantuan itu. “Ini kita cuman dimintakan masukan data, sehingga kita kirim saja. Kita tidak tahu kapan disalurkan. Yang penting datanya sudah kita kirim, dan semoga semua siswa yang data dikirim itu bisa mendapatkan bantuan itu,” harapnya. (LAM)

Comment