by

Delapan Kelurahan Kembali Terima Bansos

Ambon, BKA- Sebanyak delapan kelurahan yang ada di Kota Ambon, kembali menerima bantuan sosial dari Pemerintah Kota melalui Dinas Sosial Kota Ambon. Bansos kali ini untuk bulan ketiga yakni Juni, yang dibagikan pada bulan Juli.
Sebelumnya, Dinas Sosial Kota Ambon juga telah memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada 10 kelurahan lainnya di kota Ambon. Dan kemarin, 8 kelurahan lainnya turut dibagikan. Sehingga tersisa 2 kelurahan saja yang belum mendapatkan penyaluran bansos untuk bulan ke tiga penyaluran.
Total bansos yang disalurkan sebanyak 12.182 paket sembako bagi masyarakat miskin baru (misbar) terdampak Covid 19 yang tersebar di seluruh kelurahan Kota Ambon.
Paket sembako ini akan dibagikan kepada masyarakat miskin baru selama 9 bulan yang nilainya mencapai Rp 1,8 juta. Dan saat ini, penyalurannya sudah pada bulan ke tiga.
Sekertaris Dinas Sosial Kota Ambon, Ronaldo Jeilelep mengatakan, saat ini sudah ada 18 Kelurahan yang telah menerima bansos. Sebab, untuk kota Ambon sendiri terdapat 20 kelurahan yang harus mendapatkan bansos tersebut. Karena 30 desa/negeri lainnya, akan ditanggulangi oleh dana desa atau alokasi dana desa berupa bantuan langsung tunai (BLT).
Sementara untuk kelurahan yang telah menerima bansos yakni, Karang Panjang 416 paket, Batu Meja 902 paket, Rijali 576 paket, Amantelu 420 paket, Ahusen 405 paket, Urimessing 611, Batu Gajah 559 paket, Benteng 1.583 paket. Yang total 8 kelurahan ini mencapai 9.863 paket.
Kemudian kelurahan Tihu 54 paket, Lateri 441 paket, Uriretu 334 paket, Waihaong 268 paket, Mangga Dua 280 paket, Honipopu 520 paket, Pandan kasturi 669 paket, Nusaniwe 760 paket, Silale 507 paket, Waihoka 458 paket.
“Kurang dua kelurahan yang belum kebagian yaitu, Kudamati 1.552 paket dan Wainitu 767 paket. Dan dipastikan pekan ini, dua kelurahan itu kami salurkan. Total keseluruhan bansos bulan ketiga 12.182 paket,” terang Ronaldo, saat dihubungi koran ini, Selasa (14/7).
Dikatakan, untuk data bulan April yang diterima sebanyak 11.063 paket, bulan Mei sebanyak 10.096 paket dan pada Juni mengalami kenaikan 12.182 paket.
“Target kami itu dalam minggu ini semua paket Bansos sudah terima. Dan ini merupakan bansos bulan ketiga, yang kita serahkan diawal bulan Juli. Seluruh paket akan tersalurkan ke masyarakat sesuai data yang dimiliki Dinsos” beber dia.
Ia menyebutkan, bansos yang diberikan ini tepat sasaran karena berdasarkan pada data yang telah dimasukkan ke dinas sosial. Dan penyaluran tidak bisa dilakukan sekaligus, mengingat daya tampung kelurahan dan harus sesuai protokoler kesehatan yang menganjurkan physical distancing atau jaga jarak.
“Penyaluran bansos kita lakukan secara bertahap, karena pada saat pembagian akan terjadi perkumpulan banyak orang. Sehingga dilakukan koordinasi dengan pihak kelurahan untuk mengatur supaya bisa menjaga jarak,” tutupnya. (DHT).

Comment