by

Desa Batumerah Prioritas Protokoler Kesehatan

Ambon, BKA- Kendati turun di zona orange penyebaran Covid-19, masyarakat tetap dianjurkan mematuhi protokol kesehatan saat berada di luar rumah. Hal ini menjadi prioritas Pemerintah Desa Batumerah yang selalu menghimbau warganya untuk tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Himbauan yang diberikan, yaitu rajin cuci tangan, tetap menggunakan masker serta menjaga (physichal distancing). Himbauan tersebut sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Kota Ambon dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Ambon.

“Jadi pemerintah Kota Ambon kembali memperpanjang masa PSBB transisi. Itu dikarenakan kota Ambon masih berada dalam zona orange. Untuk mendukung pemerintah, Pemerintah Desa Batumerah perlu tingkatkan lagi kesadaran masyarakat untuk mengikuti protokoler kesehatan. Dan kami tetap menghimbau warga untuk rajin cuci tangan, jaga jarak hingga tetap memakai masker,” ungkap Sekretaris Pemerintah Desa Batumerah, M. Arlis Lisaholet, kepada koran ini, Kamis (6/8).

Diakuinya, dari berbagai himbauan serta sosialisasi yang dilakukan, ada yang direspon baik oleh masyarakat dan ada juga yang mengabaikan himbauan tersebut. Namun seluruh himbauan yang dilakukan berkaitan dengan langkah pemerintah dalam mengubah kebiasan masyarakat.

“Namanya masyarakat pasti memiliki sifat dan perilaku yang berbeda. Ada yang menghormati dan mengikuti, tapi ada juga yang acuh. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi kami untuk senantiasa memberikan arahan positif kepada masyarakat. Dan ini tetap menjadi salah satu prioritas Pemerintah Desa Betumerah untuk meneruskan anjuran pemerintah demi memutus penyebaran Covid-19,” pintanya.

Selain memperhatikan protokoler, lanjut Lisaholet, Pemerintah Desa Betumerah juga memperhatikan bantuan-bantuan sosial yang diperuntukan bagi masyarakat terdampak Covid-19.

Meski adanya keterlambatan dalam pencairan bantuan tersebut, bansos untuk bulan berikutnya masih bisa diberikan kepada warga selaku penerima bansos.

“Untuk bansos bagi warga Batu Merah, baik BLT dari DD dan ADD masih berjalan. Karena memang dari awal penyaluran bansos, kami Pemerintah Negeri agak sedikit terlambat. Sehingga masuk di PSBB transisi, masih ada penyaluran di bulan berikut,” pungkasnya. (MG-1)

Comment