by

Desa Galala Fokus Terhadap Penanganan Covid-19

Ambon, BKA- Dalam upaya meminimalisir penyebaran Covid-19, Desa Galala, Kecamatan Sirimau melakukan berbagai upaya,, termasuk penggunaan Dana Desa yang difokuskan terhadap penanganan Covid-19.

“Program Pemerintah Desa Galala saat ini, lebih fokus untuk penanganan pandemi covid-19.Berbagai protokol kesehatan pun mulai di berlakukan di daerah lingkup desa Galala. Terkait program desa yang sudah di kerjakan untuk tahun ini, belum ada karena memang adanya covid-19. Jadi sementara masih penanganan covid saja. Untuk pembangunan fisiki masih belum ada. kalau tahun kemarin banyak seperti pembangunan posyandu, drainase, dan jalan setapak,” tutur Sekretaris Desa, Veby Rampala saat di temui di kantornya, Kamis (9/7).
Setelah adanya kasus pasien positif covid-19, pemerintah setempat langsung mengambil tindakan pencegahan. Seluruh keluarga pasien langsung d karantian mandiri selama 14 hari dan dalam pengawasan dinas terkait.
” Kami juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Adapun bantuan-bantuan yang sudah disalurkan kepada warga yang membutuhkan. Terkait karantina, kalau ada masyarakat yang perlu dikarantina karena hasil sweepnya positif, itu semua anggota keluarga langsung di isolasi secara mandiri. Selama karantina pemerintah desa juga memberikan bantuan,” terangnya.
Diakuinya, sejauh ini belum di temukan laporan lain mengenai adanya gejala terinfeksi covid. ” Untuk sementara ini belum ada pengaduan. satu saja kemarin itu tapi sudah di nyatakan sembuh. jadi Galala sekarang berstatus zona aman,” bebernya.
Pemerintah Desa juga berharap, adanya partisipasi masyarakat agar mengubah cara pandangnya mengenai dana yang di salurkan dari pemerintah pusat. Jangan berpikir untuk langsung memakai uang desa, karena semua dana yang ada kita gunakan sesuai kebutuhan dan pembangunan. “Kedepannya semoga warga bisa bekerja sama dalam menangani berbagai hal, yang terjadi di desa ini. Supaya kita sama-sama membangun desa ini menjadi lebih baik lagi,” tutupnya. (MG-1)

Comment