by

Desa Rumah Tiga Kembangkan Usaha Budidaya Keramba

Ambon, BKA- Berada di daerah pesisir pantai membuat Desa Rumah Tiga memanfaatkan hasil laut yang di budidayakan dalam bentuk keramba sebagai sumber penghasilan bagi warga setempat.

Juan Kayadoe, Pejabat Desa Rumah Tiga mengakui Pemerintah Desa berupaya untuk memanfaatkan potensi kelautan yang ada, melalui budidaya keramba yang dinilai dapat meningkatkan produksi ikan ketimbang metode konvensional, seperti penangkapan, sehingga menambahkan peluang meningkatkan produksi perikanan, serta bisa membantu perekonomian masyarakat, melalui anggaran untuk modal utama budidaya keramba.

” Kami juga sedang membuat program pemberdayaan masyarakat dibidang perikanan dan kelautan. Kalau yang perikanan itu kita sedang membudidayakan ikan hias di keramba. Ada juga budidaya ikan gabus untuk dikonsumsi. Jadi diharapkan tahun 2020 ini, kita bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat lewat budidaya keramba tersebut,” kata Kayadoe.

Ketua RT 002/RW 06 juga mengakui, keramba memang membantu ekonomi warga. Bukan saja berguna bagi pemilik atau pun pekerja di keramba, tapi juga berguna bagi anak-anak sekitar yang suka mencari ikan di laut sekitar. Keramba yang jumlahnya lebih dari satu ini tersebar di sepanjang pesisir pantai daerah Desa Rumah Tiga.

” Keramba sangat berguna bagi warga sekitar dalam menghasilkan uang. Anak kecil kalau libur sekolah biasa memancing ikan, lalu kemudian dijual ke keramba untuk dibudidayakan. Keramba desa rumah tiga berjumlah tiga buah, sehingga sangat berguna bagi warga sekitar,” tambah ketua RT 002/06 Martje Tetelepta. (MG-1)

Comment