by

Desa Wayame Fokus Pemulihan Ekonomi Warga

Pasca Covid

Ambon, BKA- Pemerintah Desa Wayame berusaha untuk fokus dalam pemulihan kembali ekonomi warga, jika pandemi covid-19 berakhir. Terutama dibidang perikanan dan pertanian yang merupakan mata pencaharian warga Desa Wayame.

Kepala Desa Wayame, Nala Sulaeman mengakui, sebelum terjadinya pandemi covid-19, berbagai program pemberdayaan masyarakat giat dilakukan. Namun dengan adanya pandemic, program terhenti dan lebih difokuskan ke penanganan covid-19. Hampir semua desa melakukan kegiatan yang sama tahun ini, yaitu penanganan covid-19, BLT, dan padat karya tunai. Sehingga,diupayakan jika pandemic ini berakhir,tanggungjawab pertama yang akan dilakukan adalah upaya untuk meningkatkan kembali perekonomian warga setempat.

“Setelah adanya corona, tidak ada lagi pemberdayaan masyarakat karena semua anggaran desa terpakai untuk penanganan pandemi. Kalau rencana kegiatan pemberdayaan untuk tahun ini sudah ada hanya saja masih tertunda. Jadi kegiatan hanya terfokus pada penanganan covid, BLT, dan padat karya tunai saja dan semua desa saat ini juga melakukan hal yang sama. Jadi sebelum ada pandemi kita melakukan pemberdayaan dibidang perikanan dan pertanian,” akuinya.

Sulaeman juga mengungkapkan, pemerintah desa sangat peduli dengan ekonomi warga dibidang perikanan dan pertanian. Bukti kepedulian, yaitu adanya bantuan yang diberikan kepada petani dan nelayan yang ada di Desa Wayame.

“ Untuk tahun lalu ada pembagian mesin dan perahu ketinting kepada 11 nelayan, juga ada pembagian bibit bagi mereka yang bertani. Pemerintah mengerti betul bahwa mata pencaharian warga Wayame sebagian besar, yaitu nelayan dan petani. Sebelum ada pandemi kita melakukan pemberdayaan dibidang perikanan dan pertanian. Bukan saja itu, kami juga melakukan pembagian bahan untuk mereka yang melakukan usaha kecil seperi berjualan kue dan lain-lain. Juga ada bantuan mesin jahit bagi mereka yang mencari nafkah sebagai penjahit,” tambahnya.

Sulaeman menegaskan, pihaknya akan berusaha memulihkan perekonomian warga setelah pandemi berakhir. Ia akan lebih memfokuskan kepada program pemberdayaan yang bisa membantu meningkatkan kembali ekonomi warga.

“Sudah ada berbagai rencana yang akan lakukan jika saja covid-19 berakhir. Kita akan atur program yang belum sempat dilaksanakan padahal sudah direncanakan, khususnya program pemberdayaan yang bernilai ekonomi. Ekonomi yang sempat macet karena pandemi akan kami usahakan agar bisa kembali seperti yang seharusnya,” terangnya. (MG-1)

Comment