by

Dibantu Gubernur, Kalesang Jurnalis FC Bagi 1000 Masker

Ambon, BKA- Dapat donasi 1000 masker dari Gubernur Maluku, Murad Ismail, para wartawan di Ambon yang tergabung dalam Kalesang Jurnalis Futsal Club (FC) keliling pusat kota Ambon untuk
membagikan masker secara gratis kepada masyarakat.

Pembagian dilakukan dengan menyusuri jalan Telukabessy, Rijali, Diponegoro, Pattimura Park, Said Perintah, Imam Bonjol, dr. Tamaela, dr. Sitanala, Sultan Babullah dan berakhir di Jalan Samratulangi (depan Amplaz), Rabu (20/5).

Kali ini, pembagian masker sedikit berbeda dari sebelumnya. Dimana belasan tim Kalesang Jurnalis FC terjun ke jalan untuk menyasar para tukang becak, ojek, supir angkot, papalele hingga masyarakat lainnya yang kedapatan tidak menggunakan masker.

Satu persatu masker di bagikan, sambil menitipkan pesan pak Gubernur agar warga selalu menggunakan masker.

Ketua Kalesang Jurnalis Fc, Levinus Kariuw mengatakan, pembagian masker kali ini sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Provinsi Maluku dalam rangka melawan penyebaran virus corona di kota Ambon.

‚ÄúPuji Tuhan, kami telah berbagi masker non medis kepada warga Ambon. Masker yang dibagikan ini anti microbial dan anti air,” ujar Levi.

Selain pemberian masker, pihaknya juga mengedukasi masyarakat Kota Ambon untuk tetap waspada terhadap pandemi Covid-19, dengan tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan yang terpenting ialah tetap tinggal di rumah.

Kata Levi, Alat Pelindung Diri (APD) yang sederhana seperti masker, ternyata masih dibutuhkan oleh warga Kota  Ambon. Terlebih para tukang ojek, tukang becak maupun supir angkot. 

Hal tersebut terlihat jelas saat pembagian masker dilakukan. Karena dalam waktu sekitar satu jam, masker yang dibagikan tersebut langsung habis.

“Seribu masker yang kami bagikan kepada warga itu habis dalam waktu sekitar satu jam. Artinya,  warga kota masih sangat membutuhkan masker,” jelasnya.

Disebutkan, pemberian masker gratis ini merupakan bentuk tanggungjawab berbagai pihak, terkhusus manajemen tim Kalesang Fc dalam upaya memutus mata rantai penyebaran  Covid-19.

Levi menjelaskan, Kalesang Jurnalis FC adalah kumpulan para jurnalis di Ambon. Ide untuk melakukan aksi ini juga bagian dari buah pikir mereka saat buka puasa bersama beberapa hari lalu. Yakni pembagian masker ini untuk yang kedua kalinya. Aksi  pertama sudah sudah dilakukan sejak 16 Mei pekan kemarin.

“Ini wujud kepedulian kami untuk sama-sama cegah virus corona ini agar segera usai dan masyarakat bisa kembali melakukan  aktivitas seperti biasa. Masker ini adalah sumbangan langsung dari Gubernur Maluku, Murad Ismail,” tutur Levi. 

Dirinya mengajak para pihak lain, untuk berbagi bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Terkhusus untuk alat pelindung diri seperti masker. Sebab, dari dua kali aksi yang dilakukan, masih banyak masyarakat yang membutuhkan masker.

“Dua kali kita bagi masker, ternyata masih banyak yang butuh masker. Untuk itu, kepada masyarakat atau pihak yang berkelebihan, mari kita saling berbagi. Sekecil harganya, tapi itu sangat berarti buat mereka,” pesan wartawan senior ini. (SAD)

Comment