by

Diguyur Hujan, Jembatan Negeri Lima Ambruk

Ambon, BKA- Akibat Hujan deras yang mengguyur Pulau Ambon dalam beberapa pekan ini membuat jembatan yang menghubungkan Negeri Lima dan desa-desa lain di Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Ambruk, pada Senin (13/7), sekitar pukul 05.00 WIT.

Akibat ambruknya jembatan tersebut mengakibatkan akses transportasi dari dan ke desa-desa lain terputus, bahkan aktivitas warga pada negeri ini juga terganggu.

Data yang berhasil di himpun Beritakota Ambon, pasca ambruknya jembatan penghubung itu, warga yang melintasi areal itu dengan kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa melintasi areal tersebut.
Kapolsek Leihitu Iptu Julkisno Kaisupy yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya membenarkan, bahwa jembatan tersebut roboh sekitar pukul 05.00 WIT.

“Jembatan yang roboh ini terletak di Negeri Lima tepat di ujung jalan kaluar ke Negeri Seith. Roboh jembatan itu sekitar pukul 05.00 WIT dan bersyukur tak ada korban jiwa,” ujar Kapolsek.

Namun jelas Kaisupy, ambruknya jembatan itu, mengakibatkan transportasi dari Negeri Lima ke Kota Ambon maupun negeri-negeri lainnya di Leihitu terputus.

Masyarakat yang biasanya ke Kota Ambon melalui Negeri Hitu, kini harus melalui Negeri Laha di Kecamatan Leihitu Barat.

Mendengar informasi ambruknya jembatan tersebut, ia bersama anggotanya langsung ke lokasi dan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Negeri Lima serta pihak perusahaan yang sementara beraktivitas di negeri tersebut.

“Tadi kita langsung turun bersama anggota ke lokasi untuk lakukan koordiansi dengan pemerintah negeri serta pimpinan PT Kharisma yang kebetulan punya eksavator untuk membersihkan material dari jembatan yang ambruk,” tuturnya.

Ketua Komisi III DPRD Maluku Anos Yeremias yang dikonfirmasi mengaku, DPRD Maluku sudah melakukan koordinasi dengan dinas PUPR dan pihak-pihak terkait untuk secepatnya melakukan upaya perbaikan jembatan tersebut.

Menurut Politi Gorkar ini, ambruknya jembatan yang menghubungkan negeri Ureng Negeri Lima, Kabupaten Malteng ini karena hujan deras yang mengguyur Kota Ambon dan sekitarnya.

“Kita sudah koodinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Maluku. Dan saat ini sedang dilakukan tanggap darurat agar akses transportasi di Ureng-Negeri Lima, Kecamatan Leihitu bisa kembali terhubung,”tandas Yeremias. (SAD)

Comment