by

Dinkes Temukan 35 Kasus DBD

Ambon, BKA- Sepanjang tahun 2020, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon telah menemukan 35 kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Temuan ini dibeberkan Kepala Dinkes Kota Ambon, Wendy pelupessy, kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (2/7).

Diakuinya, dari 35 kasus DBD tersebut terdapat 3 kasus kematian yang terjadi akibat penyakit ini. Untuk itu, pihaknya melakukan fogging atau pengasapan guna membunuh nyamuk penyebab penyakit mematikan ini di lingkungan masyarakat.

Mengingat, saat ini Ambon sudah masuk dalam puncak musim penghujan. Yang mana banyak tempat yang dijadikan sebagai lokasi pertumbuhan atau perkembangbiakan nyamuk.

Ia mengungkapkan, fogging yang dilakukan oleh pihaknya menyisir sejumlah lokasi endemik di mana dari penelusuran terdapat kasus positif DBD.

“Fogging dilakukan disejumlah lingkungan rawan endemik DBD. Dimana sudah terdapat kasus positif DBD dan sudah dilakukan penyelidikan epidemiologi,” ungkap Wendy.

Fogging sendiri, lanjut dia, dilakukan sesuai dengan permintaan masyarakat yang ada di lokasi endemic untuk membunuh nyamuk yang ada, sehingga penyebaran penyakit tersebut dapat ditekan.

“Sebelumnya warga dikawasan endemik DBD sangat berharap Pemerintah Kota untuk segera melakukan program pengasapan. Dengan harapan, penyebaran kasus penyakitnya bisa diminimalisir,” tuturnya.

Dituturkan, fogging merupakan kegiatan untuk mencegah pencemaran nyamuk aides aigepty dan dilakukan setiap tahun. Terutama pada musim penghujan maupun musim pancaroba, termasuk sesuai laporan yang masuk dari masyarakat.

Selain fogging, pihaknya juga memberikan bubuk abate kepada masyarakat untuk dapat ditaruh di tempat-tempat yang menjadi lokasi, baik pertumbuhan dari nyamuk aides aegepty.

“Kami himbau kepada masyarakat untuk dapat bergotong-royong membersihkan kawasannya, untuk mencegah adanya perkembangbiakan dari nyamuk penyebar penyakit DBD,” imbaunya.

Dikatakan, upaya yang dilakukan demi mencegah kasus DBD, untuk menjaga lingkungan terbebas dari adanya penyakit DBD. Karena penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang dapat mengakibatkan kematian.

“Langkah pencegahan, dihimbau untuk lebih menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan 3M Plus. Mengingat sekarang ini sudah masuk musim penghujan,” saran dia. (DHT)

Comment