by

Dinsos Sementara Finalisasi Data Bansos

Ambon, BKA- Dinas Sosial Kota Ambon sedang memfinalisasi data bantuan sosial yang akan diberikan kepada keluarga penerima manfaat. Pasalnya, saat ini bantuan tahap II untuk keluarga penerima manfaat yang merupakan masyarakat miskin baru akan dilakukan.

Kepala Dinas Sosial Kota Ambon, Nurhajati Jassin menyebutkan, pihaknya sedang memfinalisasi data dari jenis usaha masyarakat miskin baru yang dimasukan oleh kelurahan.

“Kita sementara finalisasi data, kalau data sudah baru kita langsung jalan. Kalau tahap II ini jenis usaha lain mereka nanti terima di bulan Mei,” ujar Jassin, kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (5/5).

Menurutnya, untuk tahap keduai ini, jenis usaha yang akan menerima bantuan yakni pedagang asongan, buruh cuci hingga tapalele. Namun, untuk data tersebut belum seluruhnya masuk ke pihaknya. Dikarenakan hingga saat ini baru 4 keluarga saja yang memasukan data tersebut.
“Yang kedua ini yang asongan, buruh cuci, tapalele dan lainnya. Dan bantuannya sama dengan tahap I,” tuturnya.

Bantuan untuk tahap kedua, tambahnya, juga akan sama dengan tahap I yakni sembako dengan total harga per keluarga senilai Rp 200 ribu.
Dan untuk bantuan tersebut, Dinas Sosial hanya memberikan bantuan kepada kelurahan saja. Sedangkan untuk desa diakomodir oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Masyarakat dan Desa (DP3AMD).

“Dana tergantung dari keluarga penerima manfaat, karena yang mereka terima itu sama sembakonya harga Rp 200 ribu. Itu di lima kecamatan, tapi untuk keluarahan saja karena untuk desa diakomodir oleh Dinas terkait,” tambahnya.

Ia melanjutkan, untuk bantuan tahap I akan diberikan selama 9 bulan, begitu juga dengan tahap II. Diharapkan data segera masuk sehingga pembagian sembako dapat dilakukan untuk tahap I bulan Mei dan tahap II.

“Yang sembako ini tahap I itu nanti dia dapat yang tahap I itu selama 9 bulan nanti juga tahap selanjutnya begitu. jadi untuk tahap I kan bulan kemarin sudah jadi untuk bulan mei ini nanti dibagikan lagi,” terangnya.

Tak hanya itu, untuk bantuan tahap II akan dilakukan kepada data dari kelurahan yang pada tahap pertama belum diakomodir.

“Jadi nanti untuk tahap II ini juga diberikan untuk data yang dimasukan oleh kelurahan yang di tahap I belum diakomodir,” tutup Jassin. (DHT)

Comment