by

Disdik Akan Siapkan Pola Pembelajaran di Rumah

Ambon, BKA- Jelang tahun ajaran 2020/2021 pada 13 Juli mendatang, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon akan menyiapkan pola pembelajaran di rumah. Hal ini sampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Disdik, Merry Mairuhu, Rabu (24/6).

Mairuhu mengatakan, pola pembelajaran yang akan disiapkan itu sebagai bentuk antisipasi, jika di tahun ajaran baru ini, pemerintah kembali berlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

“Jadi memang sampai sekarang ini, kami masih menunggu keputusan dari pak Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim. Apakah proses pembelajaran ini berlangsung ke tatap muka di sekolah ataukah masih ditunda sampai dengan pemberitahuan kembali. Kalau belum ada pemberitahuan untuk pelaksanaan tatap muka, itu berarti masih dengan sistem daring. Tapi, Disdik masih mempersiapkan metode seperti apa nanti pembelajaran di rumah,” ujar Mairuhu.

Dia mengakui, PJJ yang dilakukan selama 3 bulan lalu, memiliki banyak celah. Diantaranya, pola pembelajaran yang dilakukan membuat anak-anak menjadi bosan tinggal di rumah.

“Karena itu, penting untuk adanya sebuah metode yang bisa digunakan pada PJJ di tahun ajaran baru nanti. Hanya saja, saat ini kita masih dibatasi dengan adanya pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sehingga belum bisa merampungkannya,” katanya.

Untuk itu, Mairuhu berharap, agar pihak sekolah tetap bersabar dan menunggu keputusan yang pasti, terkait teknis KBM di tahun ajaran baru nanti.

Yang terpenting, menurutnya, sekolah saat ini mampu menyiapkan pola pendidikannya, yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak didik di masa pandemik ini.

“Itu yang kita harapkan dari sekolah. Tetap semangat untuk menjalankan tugas, meskipun disituasi seperti ini. Percaya saja, apa yang kita lakukan dan siapkan bagi generasi bangsa hari ini, akan berdampak bagi perkembangan dan kemajuan negara di waktu yang akan datang,” pungkas Mairuhu. (LAM)

Comment