by

Dishub Himbau Warga Tertib Parkir

Ambon,BKA- Akibat pandemi Covid-19, penataan parkiran di Kota Ambon dengan sistim paralel mulai tidak tertata dengan baik. Hal ini meresahkan masyarakat selaku pengendara maupun pengguna jalan. Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk tertib parkir.

Plt Kepala Dishub Kota Ambon, Robby Sapulette mengatakan, banyak parkiran yang tidak tertata dengan baik. Bahkan ada parkiran paralel ganda hingga lapis tiga di sejumlah badan jalan Kota Ambon. Sehingga pihaknya mulai lakukan penataan secara perlahan akibat pandemi Covid-19.

“Kita mulai patroli untuk melakukan penertiban, jadi sampai tadi pun saya sendiri masih harus turun ke lapangan untuk melakukan penertiban. Karena persoalan itu, di sekian ruas jalan mereka memang parkirnya sudah tidak sesuai dengan market atau rambu yang sudah dipasang. Maka itu kita himbau agar masyarakat tertib parkir,” pesan Sapulette, saat ditemui koran ini, Rabu (5/8).

Dituturkan, ketika pihaknya melakukan patroli hingga sosialisasi terkait penertiban parkiran, masih banyak kedapatan kendaraan yang melakukan parkiran ganda di beberapa badan jalan. Namun ketika pihaknya menemukan itu, akan langsung dilakukan pengembokan jika pemilk kendaraan tidak berada di tempat.

Bahkan kata dia, hal tersebut kadang terjadi berulang kali, karena banyak pemilik kendaraan yang tidak mematuhi aturan dalam berparkiran. Sehingga harus dilakukan penindakan sebagai efek jera.

“Kita sudah kesana dan himbau, kalau pengemudi tidak ada di lokasi kita gembok. Kalau ada kita perintahkan untuk pindahkan. Yang terjadi di lapangan malahan saya sendiri yang harus sama sama dengan staf untuk penindakan ke kendaraan yang parkir tidak sesuai atau ganda. Setiap hari itu kita ingatkan warga kota, tapi memang banyak kurang kesadaran,” ujar dia.

Sapulette mengaku, untuk penertiban ke masyarakat yang masih melanggar aturan, pihaknya akan berkoordinasi serta bekerjasama dengan aparat kepolisian. Yakni dalam pelanggaran yang ditemukan dilapangan akan diberlakukan denda, salah satunya parkir nginap di malam hari.
“Kita rutin melakukan patrol, menghimbau masyarakat supaya tertib. Karena masyarakat begitu, jadi kita masih dalam tahapan himbauan. Dan kalau tidak ada orangnya, kita gembosi. Kedepan untuk parkiran setiap harinya kita akan bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk tindakan,” pesannya.

Dirinya bahkan akan merancang untuk bagaimana dapat memberikan denda kepada masyarakat yang melanggar aturan rambu lalu-lintas
“Yang kita rencanakan adalah sifatnya penertiban, yang parkir ganda kita tertibkan, gembosi. Kedepan lagi, kita akan lihat dan coba membuat lagi aturan untuk penindakan berupa denda saja,” tutup Sapulette. (BKA-1)

Comment