by

Dishub Kolut: Tidak Ada Pengurangan Anggaran Pembangunan Bandara

Ambon, BKA- Kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) menarik sebagian anggaran setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkecuali anggaran Dinas Kesehatan dan Pendidikan, dampak ekonomi dan sosial dari merebaknya virus corona atau Covid-19.

Selain itu, anggaran pembagunan bandara pesawat terbang tidak ada pengurangan dan perencanaan pembangunannya yang menelan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kolut Tahun 2020 Rp. 44 miliar tetap berjalan.

Kepala Dinas Perhubungan Kolut, Ir junus mengatakan meskipun ada penarikan anggaran untuk sejumlah program di Dinas Perhubungan akibat dari virus corona. Namun, anggaran pembangunan bandara tidak ada pengurangan.

“Pembangunan bandara ini menjadi program skala prioritas. Sehingga anggran Rp.44 miliar masih tetap dan tidak ada pengurangan anggaran,” kata Junus, Rabu (29/4/2020).

Menurut Junus, pembagunan bandara yang berada di Desa Lametuna dan Kalu-kaluku Kecamatan Kodeoha ini, telah memasuki tahapan lelang kegiatan dan ditargetkan pertengahan Bulan Mei sudah pemenang tender.

“Item pekerjaan bandara seperti pembuatan talut penahan ombak sepanjang 2000 meter, penimbunan pantai sepanjang 2 kilometer dengan tinggi 3 meter dengan perkiran 1 juta kubik timbunan, prosesnya telah masuk di Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk ditenderkan,” jelas Junus.

Junus mengungkapkan dari informasi yang ia peroleh, Pemerintah Pusat melalu Kementrian Perhubungan atau Bapenas telah memasukan pembangunan bandara Kolut untuk dianggarkan pada Tahun 2021.

“Salah satu kegiatan skala prioritas di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang akan dibiayai pemerintah pusat melalui APBN yakni pembangunan bandara Kolut. Namun untuk besaran anggarannya belum diketahui,” ungkap Junus.

Junus menambahkan untuk pembebasan lahan warga sudah selesai dengan total Rp.14 miliyar lebih, diharapkan penanda tangan kontrak akan dilaksanakan pada Bulan Mei. Sehingga pada Bulan Mei tersebut proses pekerjaan bandara sudah akan dimulai.(int)

Comment