by

Disperindag Akan Perluas Lapak di Mardika

Ambon, BKA- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon akan memperluas lokasi lapak pedagang yang berjualan di Pasar Mardika. Ini dilakukan untuk mengisi skenario saat diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kota Ambon.

Dikarenakan, pasar Mardika selalu ramai dan tidak ada pembatasan sosial, sehingga tidak mendukung upaya pemutusan penyebaran Covid-19.

Sekertaris Disperindag Kota Ambon, Janes Aponno menilai, skenario yang akan dijalankan di pasar Mardika saat pemberlakuan PSBB nanti telah disiapkan.

Selain waktu beroperasi pasar yang akan dipangkas, pembatasan jarak atau physical distancing antar sesama pedagang dengan pembeli, pihaknya akan memperluas lokasi lapak jualan pedagang di beberapa ruas jalan sekitar pasar Mardika.

“Agar tidak menumpuk, kita akan perluas lapak jualan pedagang. Sehingga ada jarak antara satu dan lainya, dimana kawasan jalan Pantai Mardika dan jalan masuk terminal Mardika dari arah kantor PU Maluku, akan dijadikan lokasi perluasan lapak jualan pedagang,” ungkap Aponno, saat dihubungi koran ini, Senin (11/5).

Menurutnya, pihaknya juga akan membatasi jumlah masyarakat yang hendak masuk ke pasar Mardika untuk berbelanja dan tim gabungan Gugus Tugas siap untuk melakukan penjagaan.

“Jika nantinya PSBB sudah dijalankan, kita juga akan batasi masyarakat yang masuk dalam pasar untuk berbelanja, minimal hanya 800 pembeli dalam per jam. Jika sudah keluar, baru pembeli lainnya masuk lagi. Jadi tidak semua langsung masuk ke pasar, sistemnya antri,” beber dia.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menerapkan sistim penjualan ganjil genap pada seluruh pedagang, hal ini dilakukan untuk mengurangi tingkat kepadatan di pasar Mardika.

“Kita juga sudah rencanakan sistem jualan ganjil genap untuk setiap pedagang, dimana para pedagang akan berjualan sesuai nomor ganjil genapnya sesuai hari yang ditentukan petugas. Hal ini tentu untuk mengurangi jumlah orang yang beraktifitas di pasar Mardika,” tambahnya.

Untuk itu dalam waktu dekat, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait skenario perencanaan yang akan diterapkan di pasar Mardika kepada para pedagang yang ada.

“Jadi dalam waktu dekat kita akan turun sosialisasi di pasar. Agar nantinya jika sudah diterapkan PSBB, pedagang maupun masyarakat tidak kebingungan,” tutupnya. (DHT)

Comment