by

Disperindag Serius Bongkar Lapak Pedagang

Ambon, BKA- Sempat gagal lantaran belum disediakan alat berat excavator, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Ambon serius untuk membongkar lapak pedagang pasar Mardika dalam waktu dekat.

Sekertaris Disperindag Ambon, Janes Aponno mengaku, lapak yang nantinya dibongkar hanya bagi lapak yang terkena dampak ketika masuk dalam tahapan revitalisasi pasar tersebut.

“Sejak Rabu, kami sudah berikan pemberitahuan bersama TNI-Polri dan Pol-PP. Kita sudah beritahukan dilokasi pasar yang kena dampak revitalisasi untuk menyiapkan barang-barang mereka, untuk pindah ke lokasi pasar yang sudah disiapkan pemerintah,” tegasnya kepada wartawan, Kamis (17/9).

Dituturkan, sesuai dengan jadwal keputusan bersama dengan instansi terkait dalam tahapan revitalisasi, maka dipastikan Sabtu (19/9) besok, lokasi pasar dimaksud sudah dikosongkan. Untuk , untuk dilakukan pembongkaran secara fisik menggunakan excavator.

“Besok (hari ini) pemberitahuan terakhir. Karena secara teknis pihak PUPR sudah melakukan pembongkaran dengan alat berat. Kita sudah komitmen dengan PUPR. Kemarin itu, kita belum siapkan alat berat,” pesannya.

Lebih lanjut, akui dia, sebenarnya kemauan pihaknya, pembongkaran lapak tersebut harus dilakukan secara persuasive. Hanya saja, seperti diketahui cara itu tidak berhasil. Sehingga, harus dilakukan dengan menggunakan alat berat.

Janes berharap, para pedagang dapat mengerti dengan upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Ambon lewat Disperindag, agar menjadikan pasar Mardika seperti pasar rakyat di daerah lain yang terlihat apik.

“Kita lakukan ini, bukan kepentingan Dinas Perindag atau Pemerintah. Yang kita lakukan demi kebaikan mereka (pedagang) dan ini kepentingan mereka. Jadi kami himbau mereka juga dengan penuh kesadaran, untuk membantu pemerintah dalam rangka realisasikan revitalisasi pasar Mardika,” kunci Janes (BKA-1)

Comment