by

Disperindag Undi Lapak Pedagang

Ambon, BKA- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon sementara lakukan pengundian lapak bagi para pedagang pakaian di pasar Mardika. Pengundian dilakukan dengan memberikan nomor atau tanda ke pedagang untuk nantinya direlokasi saat proyek revitalisasi pasar Mardika dikerjakan.

Pengundian dilakukan bagi pedagang pakaian dan lainnya, terkecuali pedagang sembako. Sebab, pedagang sembako sebelumnya telah diundi lantaran memiliki jumlah pedagang yang lebih banyak dari pedagang lainnya di pasar tradisional tersebut.

Kepala Disperindag Kota Ambon, Pieter Leuwol mengatakan, pengundian yang dilakukan bagi para pedagang pakaian karena pada masa PSBB tahap I dan II, seluruh pedagang pakaian tidak membuka lapaknya. Dan di masa PSBB transisi ini, pedagang pakaian baru dapat beroperasi dan mengikuti pengundian lapak.

“Jadi kita lakukan pengundian bagi pedagang pakaian dan pedagang lainnya yang bukan pedagang sembako. Karena mereka ini kan baru buka. Sebelumnya di PSBB itu mereka tutup, jadi kita tidak bisa temui mereka,” jelas Pieter, saat dihubngi koran ini, Rabu (22/7).

Ia mengungkapkan, pada masa PSBB tahap I dan tahap II seluruh pedagang sembako membuka lapaknya karena sesuai syarat yang tercantum dalam Peraturan Walikota (Perwali) untuk penerapan PSBB. Sehingga pihaknya telah melakukan pengundian bagi pedagang tersebut.

Sementara untuk penempatan pedagang sembako, kata dia, akan ditempatkan di Pasar Transit Passo karena lokasi pasar tersebut dinilai cukup untuk menampung para pedagang sembako yang ada.

Dan untuk pedagang pakaian dan pedagang non sembako lainnya, akan ditempatkan di pasar Apung serta pasar Ole-Ole yang berlokasi di Tantui belakang MCM. Akan tetapi, tidak menutup adanya pedagang lain yang ditempatkan di pasar yang masih kosong dari tiga lokasi pasar tersebut.

“Kalau untuk ditempatkan, nanti untuk pedagang pakaian dan non sembako itu di pasar Apung dan pasar Ole-Ole. Tapi kalau sembako itu di pasar Transit Passo,” tuturnya.

Pieter menyebutkan, untuk relokasi akan diupayakan dilakukan secepatnya karena harus disesuaikan dengan proses revitalisasi yang direncanakan.

“Kita upayakan secepatnya, karena kan sesuaikan dengan proses pembangunannya. Dan untuk saat ini juga kita tidak tahu sudah sampai tahap mana, karena kita cuma soal pedagang,” bebernya.

Ia berharap, proses pengundian dapat segera diselesaikan sehingga relokasi dapat dilakukan, guna membantu proses revitalisasi pasar Mardika yang akan dikerjakan berlantai 5. (DHT).

Comment