by

DLHP Bersihkan Sampah di Laut Ambon

Ambon, BKA- Merebaknya wabah Covid-19 disertai jumlah kasus terkonfirmasi yang terus meningkat, tidak menyurutkan semangat petugas Kewang Lingkungan membersihkan laut Kota Ambon dari sampah. Para petugas dibawah komando DLHP Kota Ambon ini berhasil mengangkut belasan karung sampah.

Sampah tersebut dipungut dari dasar laut maupun yang berhamburan di permukaan laut. Seluruhnya di kumpulkan dan diakngkut menuju tempat akhir pembuangan sampah. Hal itu dilakukan sesuai tugas dan tanggung jawab Kewang Lingkungan, dibawah Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon untuk tetap menjaga kebersihan laut Kota Ambon.

Koordinator Kelompok IV, Kewang Lingkungan Kota Ambon, Yongki mengatakan, aksi tersebut harus tetap dilakukan untuk menjaga kebesihan laut dari sampah masyarakat.

“Kita punya empat kelompok menyisir perairan teluk Ambon dengan menggunakan armada speedboat untuk mengangkut berbagai jenis sampah yang ditemukan di perairan,” tutur Yongki, kepada wartawan, Jumat (19/6).

Disebutkan, kelompok yang Ia pimpin itu, beroperasi di sekitar wilayah perairan pantai Losari Mardika. Dan sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 13 karung. Sampah-sampah tersebut akan ditampung dan dibawa ke tempat akhir pembuangan sampah.

Yongki mengaku, dalam sehari pembersihan, sampah yang diangkut itu bisa mencapai 5 ton. Yakni dimulai mengelilingi wilayah Teluk Ambon, kemudian ke lokasi sumber sampah seperti di muara sungai.

“Pembersihan laut Teluk Ambon dari sampah telah menjadi aktivitas rutin setiap hari, demi menjaga kebersihan dan keindahan Teluk Ambon,” tutup Yongki. (DHT)

Comment