by

Dokter: Timnas Indonesia U-16 Bakal 5 Kali Tes Corona

Jakarta, BKA- Dokter Tim PSSI, Syarif Alwi menyebut Timnas Indonesia U-16 bakal melakukan lima kali tes covid-19 selama pemusatan latihan (TC) di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi mulai 6-29 Juli 2020 mendatang.

Penerapan protokol kesehatan ketat selama masa new normal covid-19 itu dibuat untuk mencegah paparan virus terhadap para pemain dan anggota tim lain di Timnas Indonesia.

“Setelah sampai ke sini [Jakarta], kami langsung menggelar tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dan empat kali rapid tes berkala selama menjalani TC setiap minggu. Kami mengikuti standar protokol covid-19 yang sudah kami buat,” kata Syarif Alwi kepada wartawan.

Jika dari tes PCR terdapat hasil reaktif covid-19, PSSI telah menyiapkan ruang isolasi khusus di lantai yang berbeda dengan yang dihuni para pemain. Terdapat lima ruangan yang disiapkan PSSI sebagai tempat isolasi.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan juga akan dilakukan mulai dari hotel tempat pemain menginap sampai ke lapangan latihan termasuk penyemprotan disinfektan sebelum pemain tiba di lapangan.

Para pemain juga tidak diperbolehkan untuk keluar dari hotel tanpa sepengetahuan dan seizin staf pelatih Timnas Indonesia U-16. Bahkan, staf pelatih telah meminta pihak hotel menyediakan lift khusus yang hanya akan digunakan untuk Timnas Indonesia.

Mau ke mal itu tidak ada, tidak bisa seenaknya keluar malam. Bahkan lift hotel pun dipesan khusus untuk pemain timnas,” sebut Syarif Alwi.

TC di Bekasi merupakan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 keempat sejak awal 2020. Sebelumnya, Ruy Arianto dkk sudah menjalani TC di Sidoarjo pada Januari, di Yogyakarta pada Februari dan di Bekasi pada Maret lalu sebelum dihentikan akibat pandemi covid-19.

Persiapan matang itu dilakukan jelang penampilan Timnas Indonesia U-16 di ajang di Piala Asia 2020 di Bahrain pada 25 November – 12 Desember 2020. (INT)

Comment