by

Dosen Perlu Strategi Tepat Menuju Jurnal Bereputasi

Ambon, BKA- Sekretaris Forum Dosen Indonesia (FDI) DPD Maluku, Fransina S. Latumahina, mengatakan, untuk menuju jurnal bereputasi tidak mudah. Perlu strategi yang tepat, lewat kekuatan literasi akademis dari para Dosen

“Itu yang sangat penting untuk diketahui oleh para dosen, bahwa untuk menuju ke jurnal bereputasi. Itu perlu trik tertentu yang tepat. Ini yang sebenarnya memacu kita para dosen untuk maju dan bersaing di tengah perkembangan industry 4.0 ini, ungkap Latumahina, Rabu (15/7)

Kata Latumahina, jika ingin memiliki strategi yang tepat, maka
literasi akademis harus diperkuat sejak dini lewat berbagai kegiatan yang dilakukan dengan orang-orang yang berkompeten dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Sawasta (PTS), guna menambah referensi dalam upaya menuju jurnal terbaik.

“Literasi akademis itu sangat penting. Apalagi para dosen yang sementara berupaya menuju guru besar. Paling tidak, kita sebagai dosen ini bisa mengetahui tentang bagaimana meliterasi hasil pengabdian dan penelitian, serta hasil pekerjaan yang menjadikan literasi sebagai bagian dari tugas pokok dan fungsi dosen. Itu semua perlu upaya serta kerja keras. Berbagai kegiatan harus dilakukan, dengan menghadirkan akademisi-akademisi yang berkompeten untuk kita belajar bersama,” tuturnya.

Menurutnya, di era sekarang ini, para dosen sudah harus mampu mengembangkan diri. Salah satunya adalah memperkuat literasi untuk menuju jurnal terbaik, demi pengembagan kapasitas seorang akademisi untuk mampu bersaing.

“Kita harus bersaing, lewat karya kita. Dengan cara perkuat literasi, guna menemukan trik menuju jurnal bereputasi. Itu semua bisa tercapai, jika kita bisa terus belajar dari orang-orang yang berkompeten. Karena trik itu yang penting kita belajar dari mereka.”pungkas Latumahina. (LAM)

Comment