by

DPRD Ingatkan Pemkab Malteng

Terkait Bantuan Korban Dampak Gempa 2019

Ditengah-tengah keseriusan penanganan dan pencegahan Covid-19, DPRD Provinsi Maluku kembali mengingatkan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) agar tidak terlena, terutama terkait dengan bantuan bagi korban terdampak gempa bumi yang terjadi pada September 2019 lalu.

Hal itu kembali diingatkan, karena hingga saat ini, masih banyak warga Kabupaten Malteng yang belum menerima bantuan dari Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) itu. Padahal mereka merupakan warga yang berhak menerima bantuan, karena terdampak gempa secara langsung.

“Dengan adanya Covid-19 ini, sepertinya semua energi dan sumber daya, perhatian, semua terfokus untuk itu. Tapi kami juga mengintakan Pemkab Malteng, kalau ada masyarakat kita yang terdampak gempa tahun kemarin, khususnya di Kecamatan Salahutu, yang rumahnya rusak berat hingga saat ini masih sangat butuh perhatian dari Pemkan Malteng untuk segera dibantu,” ungkap Wakil Ketua DPRD Maluku, Asis Sangkala, pada BeritaKota Ambon via seluler, Senin(4/5).

Menurutnya, bantuan bencana itu agar segera direalisasikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Karena alokasi anggaran yang diserahkan BNPB kepada Pemkab Malteng, itu merupakan hak warga.

Memang akuinya, penyaluran bantuan tersebut sempat tertunda beberapa waktu lalu, karena masalah data. Sehingga perlu dilakukan verfikasi data ulang.

Namun kalau bisa, masalah tersebut harus secepatnya diatasi, sehingga bantuan itu dapat segera direalisasikan kepada warga yang berhak. Apalagi saat ini, sudah menjelang lebaran Idul Fitri.

“Minimal, rumah-rumah warga yang rusak, secepatnya bisa diperbaiki. Sehingga masyarakat bisa menempati rumah untuk merayakan lebaran nanti,” pintanya.

Kata Asis, Pemkab Malteng tidak boleh lengah atau pura-pura tidak tahu dengan alasan lebih serius dalam penangnan Covid-19. Karena masalah gempa sudah terjadi, jauh sebelum adanya wabah virus corona.

“Jadi kami ingatkan, Pemkab Malteng tetap fokus untuk bisa memastikan masyarakat terdampak gempa 2019 lalu, bisa mendapatkan hak-haknya dalam waktu dekat,” pungkasnya.(RHM)

Comment