by

DPRD Masih Kaji Tambahan Anggaran Pilkada

Ambon, BKA- DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) tengah menggaji usulan penambahan anggaran yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seram Bagian Timur (SBT), untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) pada Desember mendatang.

Memang DPRD dan Pemerintah Kabupaten SBT telah mengalokasikan anggaran Pilkada tahun 2020 sebesar Rp 30 miliar. Namun anggaran tersebut diusulkan sebelum adanya wabah Covid-19. Karena itu, KPU SBT kembali mengajukan permohonan tambahan anggaran, dengan alasan Pilkada akan dilaksanakan ditengah wabah Covid-19, sehingga dibutuhkan anggaran lebih dari sebelumnya.

Ketua DPRD SBT, Noaf Rumau, mengatakan, DPRD masih perlu mengkaji soal permohonan tambahan anggaran tersebut. Karena KPU RI juga masih menggodok petunjuk teknis pelaksanaan Pilkada ditengah kondisi pandemi Covid-19.

“Nanti kita lihat pandangan atau keputusan KPU RI, kaitan dengan pola atau teknis pelaksanaan Pilkada di kondisi pandemi ini seperti apa. Nanti kita diskusikan pemerinta daerah atau eksekutif. Kalau memang perlu ada dukungan tambahan anggaran Pilkada, maka akan dibicarakan nanti,” jelas Rumau, kemarin.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu menambahkan, pelaksanaan pilkada ditengah kondisi pandemi Covid-19 ini, memang harus memperhatikan keselamatan penyelenggara, baik KPU dan jajaran maupun Bawaslu serta jajaran. Mereka mesti dibekali Alat Pelindung Diri (APD).

Sebelumnya, Sekertaris KPU Kabupaten SBT, Barakudin Rumakway, menyampaikan, pihaknya sedang mempersiapkan draf pengajuan permohonan tambahan anggaran Pilkada, untuk segera disampaikan ke DPRD SBT dalam waktu dekat.(LAN)

Comment