by

DPRD Minta Pemkot Realisasi Bantuan Korban Gempa

Ambon, BKA- Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk bisa merealisasi bantuan bagi warga korban gempa yang terjadi pada September 2019 lalu.

Wattimury menuturkan, sesuai komunikasinya dengan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, beberapa waktu lalu, anggaran korban sebenarnya sudah dicairkan oleh pemerintah pusat.

Namun anggaran bantuan itu, katanya, memang belum sempat disalurkan oleh Pemkot Ambon kepada warga korban gempa, karena terkendala dengan wabah Covid-19.

“Saya pernah hadir dalam satu acara, dengar dari pak Walikota, kalau beliau katakan bantuan itu sudah ada dari Pempus. Tetapi penyalurannya kepada masyarakat belum dilaksanakan, karena terkendala Covid-19,” ujarnya.

Sebagai wakil rakyat Dapil Kota Ambon, Wattimury berharap, dengan situasi Kota Ambon yang semakin membaik saat ini, bantuan bagi warga korban gempa.

“Karena kasus positif Covid-19 semakin menurun, sedangkan angka kesembuhan semakin bertambah dan yang dirawat untuk Kota Ambon juga kecil, maka kemungkinan-kemungkinan untuk penyaluran bantuan kepada korban gempa sudah bisa diperhatikan,” harapnya.

Memang, akuinya, dirinya tidak memiliki wewenang untuk melakukan intervensi terhadap hal itu. Karena kewenangan ada pada Pemkot Ambon maupun pemerintah kabupaten lainnya.

“Memang ini kewenangan Pemkot dan juga Pemkab, sehingga kami tidak bisa mengintervensi lebih jauh. Yang bisa kita lakukan hanyalah, berharap peluang ini bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat, apalagi di tengah situasi seperti ini,” tandasnya. (RHM)

Comment