by

DPRD Segera Bahas APBD Perubahan

Ambon, BKA- Sesuai deadline yang ditetapkan, DPRD Kota Ambon segera membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2020 dalam bulan ini. Disusul agenda reses, masa persidangan I tahun sidang II 2020-2021.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Kota Ambon, Elkyopas Silooy mengatakan, DPRD Ambon sementara menunggu agenda penyampaian Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS), baik perubahan 2020 maupun murni 2021. Sehingga pihaknya bisa masuk dalam pembahasan.

“Setelah kita rencanakan itu, kita bahas KUA PPAS Perubahan dulu, baru kita masuk reses. Kembali reses, kita sudah bahas APBD Murni 2021,” ungkap Silooy, saat dikonfirmasi koran ini, Senin (7/9).

Diakuinya, sesuai deadline waktu yang ditetapkan, pembahasan APBD Perubahan tahun anggaran 2020, tidak boleh lewat dari bulan September tahun ini. Begitupun dengan pembahasan APBD Murni tahun anggaran 2021 yang tidak boleh melewati tanggal 30 November 2020 mendatang.

“Kita berusaha agar supaya tanggal yang sudah ditentukan secara normatif dalam aturan itu, jangan kita lewati. Dan semua akan dilakukan secara virtual,” sebutnya.

Disinggung soal waktu reses, Silooy menyebutkan, sebelum reses,. DPRD akan menyesuaikan agenda pembahasan KUA PPAS. Yakni bisa selesai pembahasan baru masuk masa reses, atau sebaliknya.

“Nanti kita menyesuaikan dengan pembahasan KUA PPAS. Kalau itu sudah selesai, APBD Perubahan selesai baru kita masuk ke reses. Tapi kalau misalnya dalam waktu dekat itu KUA PPAS belum masuk, mungkin kita akan sampaikan ke pimpinan dan bisa dimulai dengan reses dulu,” bebernya.

Untuk reses sendiri, sambungnya, akan berlangsung selama 5 hari. dimana setiap anggota DPRD akan menyerap aspirasi pada daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.

“Untuk reses sendiri berjalan selama 5 hari. Itu bisa dilakukan secara kelompok per dapil atau masing-masing anggota. Da kita juga sementara berkordinasi dengan pimpinan DPRD terkait sejumlah agenda belakangan ini,” tutup Silooy. (UPE).

Comment