by

DPRD Wajib Lakukan Reses

Ambon, BKA- DPRD Kota Ambon telah menetapkan agenda reses masa persidangan I tahun sidang II 2020-2021, sejak Jumat (18/9) kemarin. Seluruh anggota DPRD wajib melakukan reses untuk menjaring aspirasi pada daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.

Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta menegaskan, agenda reses telah ditetapkan hingga pekan depan. Dimana masing-masing anggota wajib menjaring aspirasi pada dapilnya masing-masing. Sehingga dari hasil reses atau kegiatan luar masa sidang itu, akan disampaikan dan didorong ke Pemerintah Kota Ambon.

“Iya, reses ini sudah mulai dari Jumat tadi (kemarin). Jadi reses ini wajib bagi setiap anggota DPRD untuk menjaring aspirasi masyarakat pada dapil mereka masing-masing. Dan dari hasiol reses itu baru masuk di masa sidang baru sehingga seluruh aspirasi itu dapat didorong ke Pemerintah Kota,” ungkap Toisuta, saat dihubungi koran ini, Jumat (18/9).

Ketua PDK Kosgoro 1957 Maluku ini menilai, meskipun dalam suasana pandemi, reses perlu dilakukan oleh setiap anggota DPRD. Sehingga apa yang menjadi keluhan masyarakat dapat tersampaikan lewat aspirasi.

Dan reses yang dilakukan dalam suasana pandemi ini, tetap mengedepankan protokol Covid-19. Yakni wajib menggunakan masker, cuci tangan serta jaga jarak.
“Reses ini kan bisa secara berkelompok sesuai dapil, atau bisa perorang. Tapi dengan suasana pandemi ini, tentu reses yang dilakukan setiap anggota DPRD ini tetap mematuhi protokol kesehatan. Termasuk jumlah peserta reses itu juga dibatasi,” terangnya.

Ia berharap, dengan agenda reses yang telah ditetapkan, setiap anggota DPRD Kota Ambon dapat melakukan reses secara maksimal pada dapil masing-masing. Sehingga penjaringan aspirasi di masyarakat dapat maksimal untuk didorong ke Pemerintah Kota.

“Semoga reses kali ini bisa maksimal dilakukan masing-masing anggota DPRD. Sehingga kita bisa menyerap seluruh aspirasi yang disampaikan masyarakat. Karena DPRD adalah representasi rakyat yang memiliki fungsi pengawasan, budgeting atau anggaran dan legislasi,” tutup Politisi Golkar ini. (UPE)

Comment