by

Dua Bapaslon Lolos Pilkada Maluku

Ambon, BKA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku akhirnya meloloskan dua dari tiga bakal pasangan calon (Bapaslon) perseorangan atau independen, yang mendaftar sebagai calon kepala daerah di dua kabupaten di Provinsi Maluku.

Kedua Bapaslon yang lolos Pilkada, yakni, Rohani Vanath-Muhammad Ramli Mahu di Pilkada Seram Bagian Timur (SBT), serta Jhon Nimrot Leunupun-Dolfina Markus di Pilkada Maluku Barat Daya (MBD). Kedua Bapaslon ini lolos pencalonan setelah dilakukan verifikasi faktual dan administrasi oleh KPU.

Sementara Victor Ferdinand Sjair-Rosina Gaelagoy sebagai Bapaslon di Pilkada Kabupaten Kepulauan Aru tidak lolos karena tidak memenuhi syarat.

Ketua KPU Provinsi Maluku, Samsul Rifan Kubangun, usai menghadiri rapat dengan Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Senin (24/8), mengatakan, dari pemenuhan syarat menimal dukungan, berdasarkan pentahapan dan persiapan jumlah dukungan, KPU kabupaten sudah melakukan rekapitulasi perbaikan.

Perbaikan itu meliputi, tahap pertama, yang belum memenuhi syarat dukungan yang dilakukan secara dua kali, kemudian dilanjutkan dengan verifikasi adiminstrasi dan secara faktual.

“Kemarin, ditanggal 21 Agustus, KPU Kabupaten telah melakukan rekapitulasi. Nah, dari hasilnya disitu ada tiga bakal bapaslon independen. Tapi hanya ada dua kabupaten, MBD dan SBT, telah memenuhi syarat menimal jumlah dukungan yang dipersyaratkan. Sedangkan calon perseroan dari Kabupaten Aru dinyatakan tidak memenuhi persyaratan, sehingga tidak lolos maju di Pilkada,” terang Kubangun.

Menurutnya, bapaslon bupati dan wakil bupati yang sudah dinyatakan lolos, selanjutnya akan kembali melakukan proses pendaftaran calon ditanggal 4 sampai 6 September. Tapi sebelumnya, harus memasukan formulir BA7 sebagai syarat pencalonan di KPU setempat.

Sedangkan bakal bapaslon lewat jalur partai politik, katanya, sebagai syarat pendaftaran harus dilampiri dengan formulir B1KWK yang dibubuhi tanda tangan Ketum dan Sekjen dari masing-masing partai pendukung lainnya.

Dari data rekapitulasi, Bapaslon perseroan Pilkada SBT, Rohani Vanath-Muhammad Ramli Mahu, dari jumlah menimal dukungan sebanyak 10.212 dengan menimal sebaran pada delapan kecamatan. Dan hasil rekap tahap awal tersisa 8.026, selanjutnya tahap perbaikan turun menjadi 2.695 yang tersebar di 15 Kecamatan.

Sementara Bapaslon, Jhon Nimrot Leunupun-Dolfina Markus dari MBD, menimal dukungan sebanyak 5.252 yang tersebar di sembilan kecamatan. Tahap awal rekapitulasi terdapat 4.064 dan tahap perbaikan terisa 1.902 yang tersebar di 16 kecamatan. “Sehingga dengan angka yang dicapai kedua bapaslon secara persyaratan sudah memenuhi syarat mendaftar di KPU,” pungkas Kubangun.(RHM).

 

Comment