by

Dugaan Nepotisme, PSSI Disarankan Evaluasi PT LIB

Jakarta, BKA- Ketua Asprov PSSI Aceh, Nazir Adam mengusulkan agar Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, anggota exco, dan para pemegang saham segera melakukan evaluasi terhadap PT Liga Indonesia Baru (LIB).

enyusul, dugaan praktik nepotisme yang terjadi di operator kompetisi itu.
Dugaan penyalahgunaan wewenang di LIB terjadi setelah Cucu Somantri selaku Direktur Utama dikabarkan mengangkat anak kandungnya, Pradana Aditya Wicaksana sebagai General Manager (GM). Meski belakangan kabar itu dibantah Cucu, tapi citra LIB di hadapan publik sudah tercoreng
”Evaluasi ini sangat penting sebagai langkah awal kepemimpinan pak Iriawan dan exco untuk memperbaiki kinerja LIB untuk kemajuan sepak bola nasional,” ujar Nazir, Senin (4/5/2020).

”Dari hasil evaluasi yang dilakukan, saya berharap ketum PSSI, exco dapat mengambil sikap tegas terkait pengelolaan LIB demi kepentingan sepak bola nasional dan marwah PSSI,” katanya menambahkan.

PSSI dibawah kepemimpinan Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan memang baru berjalan enam bulan. Terhitung sejak Kongres Luar Biasa (KLB) pada 2 November 2019 lalu.

Agar praktik nepotisme tak terjadi di LIB, Nazir mengusulkan agar kursi Direktur dan Manajer diduduki oleh kalangan profesional dan bukan dari jajaran exco PSSI. Sebab, LIB adalah sebuah perusahaan.

”Akan lebih baik jika dilakukan lelang jabatan melalui fit and proper test. Ini penting agar LIB dapat terkelola secara profesional,” imbuh Nazir.

Sementara itu selain menjabat sebagai Direktur Utama LIB, Cucu juga punya posisi di PSSI. Ia merupakan wakil ketua umum (waketum) federasi sepak bola di Tanah Air itu. (INT)

Comment