by

Dukung Desa Welora Diajang API 2020

Ambon, BKA- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), meminta partisipasi masyarakat untuk mendukung Desa Welora sebagai destinasi baru dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.

Desa Welora, Kecamatan Dewelor dan Dawera, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, saat ini masuk nominasi API 2020 untuk kategori destinasi baru.

Penentuan pemenang pada ajang tersebut ditentukan melalui polling, yang akan dimulai pada 1 Agustus hingga 31 Desember. Sehingga dukungan masyarakat Maluku secara umum, sangat diharapkan.

Memang desa tersebut layak untuk menjadi salah satu destinasi baru di Indonesia. Karena Desa Welora memang terkenal akan keindahan pantai pasir putihnya maupun pesona under water. Belum lagi dengan berbagai keindahan potensi alam lainnya.

“Desa Welora masuk dalam 10 nominasi API kategori destinasi baru. Maka kami meminta peran dan partisipasi masyarakat untuk mendukung melalui polling yang sudah ditentukan API. Untuk Provinsi Maluku, ada 8 kategori yang berbeda-beda untuk nominasi API. Dari kabupaten MBD, kita usulkan Desa Welora. Puji Tuhan, lulus seleksi setelah semua berkas kita kirim ke provinsi dan ke pusat,” terang Kadisbudpar Kabupaten MBD, Mon Leha, Sabtu (25/7).

Selain meminta dukungan masyarakat Maluku, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MBD juga akan mengeluarkan Surat Edaran tentang seruan mewujudkan Desa Welora sebagai destinasi baru pada nominasi API award tahun 2020, untuk dibagikan kepada seluruh pimpinan TNI/Polri, instansi vertical, BUMD, BUMN, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, yang ada di Kabupaten MBD, maupun seluruh masyarakat MBD yang ada di perantauan.

Dengan SE tersebut, Leha berharap, semua masyarakat dapat partisipasi memberikan support terhadap kepariwisataan di kabupaten bertajuk Kalwedo itu.

“Surat Edarannya sudah dibuat. Tinggal menunggu tandatangan pak Bupati, lalu dikirimkan ke berbagai instansi yang ada. Sebab polling-nya dimulai pada 1 Agustus hingga 31 Desember,” ulasnya.

Untuk polling, menurutnya, tidak ada batasan. Artinya, proses ini sangat membutuhkan polling yang sebanyak-banyaknya sebagai juara. Sehingga Leha sangat berharap, agar seluruh masyarakat MBD dapat memberikan dukungan kepada Desa Welora, Kecamatan Dawelor Dawera, Kabupaten MBD ini, agar bisa menjadi juara dalam destinasi wisata baru API 2020 mendatang

“Kita optimis saja, bahwa Desa Welora masih yang terbaik. Tapi ini kan berdasarkan polling sms. Karena itu, kita mohon dukungannya dari semua instansi maupun masyarakat, untuk memdukung Desa Welora sebagai destinasi baru. Untuk hal ini, kita sangat berharap, semua lini bergerak. Semoga lewat dukungan kita semua, Desa Welora menjadi juara pada ajang API tahun 2020,” pungkas Leha.

Untuk mengikuti polling tersebut, dapat dilakukan berbagai cara. Diantaranya melalui SMS, dengan cara ketik API 17J kirim ke 99386. Atau mengunjungi situs youtube.com dan buka channel #APIaward2020, kemudian subscribe dan like. Serta masuk akun instagram @APIaward, kemudian pilih gambar nominasi dan klik tombol like. (LAM)

Comment