by

Empat Terdakwa Mercuri Divonis Ringan

Ambon, BKA- Majelis Hakim Pengadilan Negeri Ambon menjatuhi hukuman kepada empat terdakwa kasus mercuri dengan pidana penjara selama tujuh bulan.

Selain pidana badan, mereka juga dibebankan membayar denda sebesar Rp.1 miliar subsider tiga bulan kurungan.

Keempat terdakwa asal Manado itu adalah Suryanto Pakaya (31), Rustandi Mamoto (33), Rinto Ashat (32) dan Arbo Wonopati alias Kalo (34).

“Menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 161 Undang-undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba Jo Pasal 55,” ungkap ketua majelis hakim Hamjah Kailul, didampingi dua hakim anggotanya dalam amar putusan, di persidangan Pengadilan Negeri Ambon, Kamis (6/8).

Putusan majelis hakim tersebut dianggap ringan, karena sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Secretchile Pentury menuntut mereka supaya dipenjara setahun penjara denda Rp. 1 miliar subsider enam bulan di Pengadilan Negeri Ambon, Kamis (17/7).

Di dalam dakwaan JPU, menyebutkan, tindak pidana yang dilakukan empat terdakwa terjadi, saat polisi mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada orang membawa dan menyimpan mineral logam jenis merkuri di Penginapan Rejeki I, kamar 201, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Namun mereka enggan membeberkan identitas informasn tersebut.
Setelah mendapat informasi itu, polisi langsung bergerak menuju penginapan. Disana ada terdakwa Rinto Ashar di dalam kamar. Mereka melakukan penggeledahan dan menemukan mineral logam jenis merkuri.

Dari hasil penggerebekan ditangan empat terdakwa, barang bukti (BB) yang dikumpulkan berupa 17 buah botol aqua yang terdiri dari 7 buah botol Aqua Mini dan 10 buah botol aqua sedang berisikan Cairan warna Perak yang mengandung Mineral Logam Jenis Mercuri dengan berat maksimumnya ± 110 Kg kilogram, 5 buah tas samping ukuran sedang, 3 tas samping ukuran kecil, 1 buah Handphone merk Oppo warna Hitam, 1 buah Handphone merk Vivo Y12 warna Hitam, 1 buah karton / kardus berwarna coklat yang didalamnya berisikan 149 buah botol plastik Kecil dengan tulisan Merk Mercury. (SAD)

Comment