by

Eselon II Tak Dapat Gaji 13

Ambon, BKA- Pejabat eselon II maupun pejabat negara lingkup Pemerintah Kota Ambon, tidak akan mendapatkan gaji 13 sesuai aturan yang ada. Bahkan anggota DPRD pun tidak akan mendapatkan gaji 13 yang ditujukan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN).

Plh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ambon, Apries Gaspersz menyebutkan, pejabat eselon II, pejabat negara maupun anggota dewan tidak akan mendapatkan gaji 13.

Pasalnya, gaji 13 hanya akan diberikan kepada Pejabat Eselon III maupun ASN dan pegawai kontrak yang ada, terutama di lingkup Pemerintah Kota Ambon.

“Tapi eselon II pejabat negara, anggota dewan tidak dapat. ASN dan kontrak dapat,” sebut Gaspersz, kepada wartawan di Balai Kota, Jumat (24/7).

Diakuinya, untuk dana yang disiapkan pemerintah bagi pembayaran gaji 13 bagi ASN sendiri disesuaikan dengan dana THR yakni sebesar Rp 23 miliar. “Itu kalau patokannya menteri keuangan punya konfrens kan, patokannya sama dengan THR berarti 23 miliar,” tukasnya.

Gespers mengatakan, pihaknya akan melakukan pembayaran gaji 13 bagi ASN yang ada pada bulan Agustus 2020, setelah pencairan gaji bulan Agustus dilakukan. “Agustus to (kan), nanti setelah pembayaran gaji Agustus baru kita bisa bagi gaji 13,” tambah dia.

Akan tetapi, untuk pembayaran tersebut saat ini memang belum dapat dilakukan karena pihaknya juga masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) agar nantinya dapat dilakukan pencairan.

Menurutnya, Pemerintah Kota telah menyiapkan dana yang dibutuhkan tersebut untuk membayarkan gaji 13 kepada seluruh ASN yang berhak menerima. “Dananya siap bayar, kita tunggu juknis dari Kemenkeu,” pesannya.

Gaspersz berharap, ASN yang ada di lingkup Pemerintah Kota Ambon dapat bersabar untuk pencairan gaji 13 tersebut, yang nantinya akan dicairkan pada bulan Agustus mendatang. (DHT).

Comment