by

Garda Maritim 5 Tetapkan Rute Ambon Namlea

Ambon, BKA- Masyarakat Maluku, kini semakin dipermudah dengan hadirnya satu unit Kapal Ferry yang melayani rute Ambon-Namlea setiap harinya. Yakni KMP Garda Maritim 5 milik PT. Multi Guna Mairitim, dengan rute pelabuhan Ferry Galala (Ambon) menuju pelabuhan Ferry Namlea, Kabupaten Buru.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buru, Jamal Samak mengtakan, Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Garda Maritim 5 yang pertama kali beroperasi pada 20 Januari 2021, ini akan beroperasi setiap hari.

Dan jika ada perubahan jadwal pelayanan, lanjut dia, maka perubahan tersebut datang dari Dishub Provinsi Maluku.
“Garda Maritim itu sudah jadwal tetap sesuai surat yang diterima dari provinsi untuk Garda Maritim. Mudah-mudahan tidak ada lagi perubahan, seandainya kalau ada perubahan berarti kebijakannya dari provinsi,” kata Samak, saat dikonfirmasi koran ini, Senin (21/2).

Selama ini, sebutnya, ASDP Maluku hanya memiliki dua kapal Ferry yang melayani rute Ambon-Namlea atau sebaliknya. Sehingga kehadiran KMP Garda Maritim 5 akan menjadi pilihan baru bagi masyarakat. Dimana lintasan pelabuhan Galala-Namlea yang selama ini dilayari Kapal Ferry KMP Temi dan KMP Wayangan. Dan saat ini, KMP Temi sementara naik dok.

Menurut Samak, tidak ada masalah jika KMP Temi akan beroperasi lagi setelah naik dok dengan rute Ambon-Namlea seperti biasa. Karena hal tersebut akan lebih memudahkan masyarakat untuk mementukan pilihan menggunakan kapal ferry yang akan melayari Ambon-Namlea atau sebaliknya.

“Tidak, kalau seandainya KMP Temi juga aktif kan lebih bagus. Kan untuk mempermudah transportasi laut kan,” tukasnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Buru dalam hal ini Dishub Buru akan mengikuti kebijakan dari pemerintah provinsi terkait KMP Garda Maritim 5. Namun, harapan Pemkab Buru KMP Garda Maritim 5 tetap melayani Ambon-Namlea. (MSR)

Comment