by

GMF Dorong Pemda Bursel Gandeng Pemuda Cegah Covid-19

Ambon, BKA- Gerakan Mahasiswa Fena Fafan ( GMF) Kota Ambon, mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru Selatan (Bursel) untuk dapat menggandeng pemuda untuk mencegah penyakit Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dorongan tersebut disampaikan Ketua Umum GMF, Andre Biloro, pada diskusi online yang digelar GMF,yang menghadirkan Bupati Bursel Tagop Soedarsono Soelissa, Dinas Kesehatan, PPNI, DPRD, dan sejumlah Organisasi Kepemudaan (OKP) lingkup Bursel, yakni, AMGPM, GAMKI, Anshor dan KNPI, Rabu (27/5).

Diskusi yang digelar dalam rangka memutus matai rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bursel itu, membahas langkah-langkah konkrit dari pemuda dan pemerintah daerah ketika nantinya membangun sinergitas.

Andre Biloro mengatakan, dari diskusi yang dilakukan, ada beberapa pikiran rekomendatif yang akan disampaikan kepada Pemkab maupun DPRD Kabupaten Bursel, dalam upaya penanganan dan pencegahan Covid-19.

Diantaranya, mendorong pemuda dan Pemkab Bursel untuk aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar tetap menjaga pola hidup sehat serta menaati protokol kesehatan.

GMF juga mendorong agar Pemkab Buirsel segera mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) pada seluruh rumah sakit di pusat ibukota kecamtan dan seluruh Puskeskmas Pembantu (Pustu) di desa-desa.

Selain itu, GMF mendorong Pemkab Bursel untuk memberikan perhatian khusus kepada para tenaga kesehatan, dalam hal ini, para dokter dan perawat. Serta meminta Pemkab untuk mengembangkan potensi Sumber Daya Alam (SDA), khususnya sektor pertanian untuk menjamin ketahanan pangan lokal.

“Selain Pemda, kita juga meminta DPRD Bursel agar ditengah Covid-19 ini, mereka bisa melaksanakan tugas mereka dengan baik. Yaitu, melaksanakan tugas dan fungsinya, dalam hal ini, melakukan pengawasan terhadap anggaran Penanganan Covid-19 di Bursel,” ujar Biloro.

Untuk semua itu, kata Biloro, peran dan fungsi pemuda akan sangat maksimal untuk membantu Pemkab, jika ada sinergitas yang dibangun secara baik.

“Sebagai pemuda, tentu kita akan melaksanakan tugas kita sebagai civil society, demi kabaikan dan keselamatan kita semua. Khususnya dalam menghadapai wabah Covid-19 ini,” pungkasnya. (LAM)

Comment