by

Gonga-Sogalrey Resmi Kantongi Rekomendasi PDIP

Safitri-Gerson di Bursel

Ambon, BKA- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi menyerahkan rekomendasi kepada dua pasangan bakal calon kepala daerah di Maluku.Yakni, Johan Gonga-Muin Sogalrey sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru, serta Safitri Malik Soulissa-Gerson Eliaser Selsily sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan (Bursel).

Penyerahan rekomendasi itu dipimpin langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarnoputri, secara virtual, yang diikuti dengan penyerahan fisik rekomendasi oleh Ketua DPD PDIP Maluku, Murad Ismail, kepada pasangan calon, di Kantor Sekretarian DPD PDI-P Karang Panjang, Selasa(11/8).

Sebelumnya PDIP telah memberikan rekomendasi kepada pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Benyamin Thomas Noach-Agustinus “Arie” Kilikili, serta Fachri Husni Alkatiri-Arobi Kelian di Seram Bagian Timur (SBT). Sehingga lengkap sudah dukungan yang diberikan partai itu untuk pelaksanaan Pilkada di empat kabupaten di Provinsi Maluku.

Murad Ismail mengatakan, rekomendasi itu dikeluarkan setelah DPD mengajukan usulan nama-nama bakal calon lewat wakil ketua pemenangan DPP PDIP, Bambang Nuryanto, dalam rangka Pilkada serentak.

“Itu kita ajukan empat nama pasangan calon. Namun yang duluan, dua rekomendasi, yakni, MBD buat Benyamin-Arie dan SBT untuk Fachri-Arobi. Ini yang terakhir dan hasil diskusi kita semuanya, yang diusulkan DPD semuanya disetujui DPP, termasuk pasangan Safitri-Gerson dan Gonga-Muin,” akui Murad.

Khusus untuk rekomendasi Pilkada MBD dan SBT, lanjut Murad, rekomendasinya langsung diserahkan Ketum Megawati Soekarnoputri. Namun kali ini dilakukan secara virtual, karena pertimbangan situasi pandemi Covid-19.

“Kita harus mengucapkan Alhamdulillah syukur. Jadi apa yang diajukan DPD, itu semuanya disetujui ibu Megawati. Sehingga kita di DPD Maluku sudah pasti akan bekerja secara total untuk upaya pemenangan semua pasangan calon yang didukung. Tidak ada alasan untuk kader yang mbalelo, baik di DPC dan DPD. Kita sudah harus bersatu untuk pemenangan ini. Kita sangat yakin, bahwa di empat kabupaten akan mendapat hasil terbaik,” tegas Murad.

Karena semua pasangan calon yang direkomendasi PDIP sudah memenuhi syarat sebagai pemenang. Indikatornya sesuai hasil survey. Selain itu, pertimbangan kader juga mendapat perhatian serius.

“Semua yang ada di empat Pilkada ini, semua ada keterwakilan kader PDIP. Kalau tidak ada, kita tidak dukung. Sekarang ini, sudah harus ada kader. Jangan lagi ada orang yang punya duit banyak, langsung kita usung. Tidak lagi. Dan selama kepimpinan ketua DPD Maluku, saya lebih utamakan kader,” tegasnya.

Untuk itu, Murad berharap, seluruh kader PDIP harus lebih banyak berbuat, agar dapat dicalonkan ditempat lain. Selama betul-betul dapat bekerja untuk masyarakat, PDIP tetap akan memberikan peluang untuk mencalonkan diri.

“Saya sangat optimis, kita menang di empat kabupaten. Saya akan turun langsung ke lapangan,” katanya.

Jika dalam proses tersebut, ditemukan kader beleng -beleng alias berpaling atau membelot, maka akan langsung dipecat dari kepengurusan partai. “Saya juga akan pecat kader atau pengurus yang bermain ke kandidat lain. Itu harga mati. Tidak ada lagi yang mbalelo. Ketahuan, saya pecat,” pungkas Murad.
(RHM)

Comment