by

Gubernur Vicon Dengan Ketua Umum PDIP

Bahas Soal Data Kemiskinan

Ambon, BKA- Gubernur Maluku, Murad Ismail, melakukan video confrence (vicon) dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, mebahas soal data kemiskinan.

Murad mengungkapkan, pada vicon tersebut, Ketua Umum PDIP mengungkapkan, kalau data kemiskinan di Indonesia selama ini belum ada yang akurat. Sehingga perlu ada tim pendataan yang kuat.

Untuk itu, dia meminta Gubernur Maluku yang merupakan refresentatif kepala daerah dari PDIP untuk membentuk tim penyisir, yang nantinya berperang mengindentifikasi masyarakat miskin di kantong-kantong masyarakat. Sehingga data yang dimasukkan oleh pemerintah daerah ke pemerintah pusat, benar-benar akurat.

“Terkait data kemiskinan, beliau (Megawati) mengharapkan untuk kita mempunyai tim penyisir, untuk mengindentifikasikan kantong-kantong kemiskinan, sebelum data tersebut dimasukkan,” kata Murad, di Kantor Gubernur Maluku, (10/5).

Data kemiskinan yang akurat, lanjut Murad, menjadi salah satu pehatian serius partai banteng moncong putih. Sehingga selaku Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, meminta kepala daerah yang tergabung dalam partai besutannya untuk menseriusi hal itu.

Selain itu, lanjut Murad, beliau (Megawati) juga membahas mengenai kedaulatan pangan lokal, khususnya terkait ketersedian bahan pangan lokal disetiap daerah sebagai pengganti beras.

“Ibu Megawati juga mengatakan, masing-masing daerah mempunyai tanaman bahan pangan lokal, misalnya, di Maluku, yakni, sagu, sukun, kemudian patatas dan lain-lain,” terang Murad.

Kalau terkait ketahanan pangan di Maluku, Mantan Komandan Korps Brimob Polri ini mengungkapkan kepada Megawati, kalau ketersediaan bahan pokok di Maluku selama masa pandemi Covid-19, masih dalam jumlah yang mencukupi.

“Stok bahan pangan di Provinsi Maluku tetap tersedia dalam jumlah yang cukup, dan dapat bertahan dalam dua sampai tiga bulan kedepan. Khususnya untuk beras dapat bertahan hingga lima sampai enam bulan kedepan. Kita tahu betul di Maluku ini, terutama di Pulau Buru ada panen beras, begitu juga di SBB dan Malteng,” tambah Murad.

Murad juga sempat menyampaikan masalah terkait naiknya harga beberapa bahan pokok, seperti, gula, bawang merah dan bawang putih, yang terjadi akibat tidak lancaranya distribusi dari sentral produksi di Pulau Jawa dan Sulawesi.

Terkait masaah kenaikan harga beberapa bahan pokok itu, Ketua Umum PDIP tersebut akan membicarakan dengan Mentri Perdagangan, Agus Suparmanto. “Insya Allah bisa dibantu oleh PDIP, untuk membicarakan dengan Mentri Perdagangan,” pungkasnya. (BKA-1)

Comment