by

Guru Akan Maksimalkan Pembelajaran Online

Ambon, BKA- Jelang tahun ajaran baru 2020/2021, setiap Satuan Pendidikan (SP) mulai menyiapkan para guru, agar dapat memaksimalkan pengunaan pembelajaran berbasis online ditengah wabah Covid-19.

Kepala SD Negeri 5 Ambon, Amir Suailo, mengungkapkan, upaya mempersiapkan para pendidik ini dilakukan sebagai antisipasi pemberlakuan kembali pembelajaran sistem jarak jauh, pada tahun pelajaran 2020/2021.

“Jadi semua guru diwajibkan untuk mempersiapkan diri. Guru harus punya aplikasi pembelajaran. Baik di HP maupun di laptop. Ini kita lakukan untuk memaksimalkan KBM di tahun ajaran yang baru, yang rencananya akan mulai pada 13 Juli mendatang,” ungkap Suailo, Sabtu (20/6).

Meskipun dalam pelaksanaan pembelajaran online itu, katanya, pasti ada dampak negatifnya bagi siswa, terutama bagi siswa yang tidak memliliki fasilitas.

Menjaga agar siswa yang tidak memiliki fasilitas untuk mengikuti proses pembelajaran secara daring atau online, katanya, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi.

“Memang tidak semua siswa gunakan HP android. Karena itu, kita telah mengajak sejumlah siswa yang tinggal berdekatan, untuk belajar bersama dengan tetap menjaga jarak serta pakai masker. Dan ini kita upayakan terus. Jangan sampai ada yang tidak mengikuti proses pembelajaran dengan baik di masa pandemi ini,” paparnya.

Lanjutnya, dengan penyebaran virus yang semakin meluas ini, lembaga pendidikan tingkat sekolah telah di intruksikan untuk tidak melakukan pertemuan tatap muka secara langsung, sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus corona.

“Ini yang harus kita dukung. Apalagi tanggal 22 Juni (hari ini), pemerintah mulai berlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Ambon. Semua instansi, termasuk Satuan Pendidikan (SP), sudah diingatkan untuk tidak melakukan pertemuan secara langsung. Dan itu sudah disampaikan kepada para guru,” katanya.

Karena itu, di tahun ajaran 2020/2021 ini, guru harus disiapkan dengan baik. “Bagaimana mereka ini didorong untuk berupaya lebih maksimal lagi, saat memasuki KBM secara virtual nanti,” pungkas Suailo. (LAM)

Comment