by

Guru Akan Siapkan Pola Pembelajaran Kreatif

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri 85 Ambon, Jhon Talacua, mengatakan, para guru akan menyiapkan pola pembelajaran yang kreatif, jika Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kembali dilakukan di tahun ajaran 2020/2021 mendatang.

Metode pembelajaran yang kreatif dilakukan, katanya, agar tidak menimbulkan kejenuhan siswa dalam mengikuti proses PJJ nanti.

“Kalau materi pelajarannya tidak kreatif, pasti siswa akan jenuh. Sebab mereka sudah terbiasa belajar bersama dengan teman-teman di sekolah. Ini yang harus diperhatikan di tahun ajaran baru nanti,” ungkap Talacua, Jumat (25/6).

Katanya, ditengah pandemi Covid-19 saat ini, siswa sangat membutuhkan pola pembelajaran yang lebih kreatif, tidak sekedar meminta siswa untuk memngerjakan tugas atau Pekerjaan Rumah (PR) secara online.

“Karena itu, saya sudah sampaikan kepada para guru. Untuk membuat materi pembelajaran yang kreatif. Jangan hanya fokus pada inti dari mata pelajaran itu. Anak-anak ini butuh metode yang kreatif. Jadi, selain muatan pelajaran, ada juga tampilan gambar berupa komik agar bisa menarik semangat belajar mereka,” terang Talacua.

Tambahnya, pelaksanaan pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini, bukan untuk menjawab ketuntasan kurikulum. Melainkan untuk menjawab kebutuhan belajar siswa setiap hari.

“Jadi, kita tidak kejar siswa harus tuntas pelajaran. Yang kita butuhkan adalah mereka bisa tetap semangat untuk belajar di rumah. Karena itu, materi pembelajaran akan didesain semenarik mungkin, supaya tidak membuat mereka jenuh pada saat belajar di rumah nanti,” tandas Talacua. (LAM)

Comment