by

Guru Madrasah Diminta Inovatif Buat Konten Video Pembelajaran

Ambon, BKA- Guru madrasah terus didorong untuk berinovasi membuat konten video pembelajaran yang menarik, untuk menjawab kondisi pendidikan ditengah wabah virus orona saat ini.

Untuk itu, konten video pembelajaran yang dibuat diharapkan menjadi media komunikasi antara guru dan siswa, sehingga tidak ada ketertinggalan perkembangan pendidikan, meskipun saat ini bangsa Indonesia termasuk Maluku juga dirundung bencana non alam ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah ((Kanwil) Kemenag Maluku, M.Yasir Rumadaul, mengatakan, seluruh guru, baik pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), MTs dan MA, dipacu untuk sigap membuat konten video pembelajaran yang menarik, guna memenuhi kebutuhan pendidikan anak selama proses belajar mengajar jarak jauh.

“Video pembelajaran ini adalah solusi tepat dan cepat dalam rangka memberikan materi pelajaran kepada anak di luar sekolah atau di rumah,” ujar Rumadaul.

Menurutnya, meskipun isi materi pada video pembelajaran itu hanya bersifat materi esensial atau materi penting, karena dibuat bukan untuk mengejar target kurikulum, melainkan menjadi strategi agar siswa tetap mendapatkan pelajaran.

“Video-video ini dimunculkan di Website Kemenag RI, Kanwil Kemenag dan dikirim ke WhatsApp Group masing-masing madrasah untuk dapat diakses sebagai bahan pembelajaran,” tutur Rumadaul.

Dia mengakui, awalnya pesimis dengan adanya kebijakan pembuatan konten e-Learning untuk menjawab sistem pembelajaran media daring tersebut, namun ketika berjalan sepekan, para guru madrasah di Maluku mampu membuktikan kemampuan berinovasi dalam membuat video-video pembelajaran menarik serta mudah dipahami dan dipahami peserta didik.

“Alhamdulillah kurang lebih 80-90 persen teman-teman guru madrasah berpartisipasi dalam membuat video pembelajaran ini dengan baik dan lancar,” tandasnya. (RHM)

Comment