by

Guru Terus Didorong Kreatif dan Inovatif

Ambon, BKA- Agar Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dapat berjalan sesuai kebutuhan siswa, maka para guru terus didorong untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi, guna menghasilkan materi pembelajaran yang menarik.

Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan, karena menurut Kepala SD Muhammadiyah Ambon, L. Siolimbon, guru merupakan penentu keberhasilan PJJ. Sehingga sangat penting untuk meningkatkan kompetensi para guru, dalam hal ini, penguasaan dan penggunaan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Saya kira, SDM guru perlu diperhatikan terus. Karena kalau guru tidak bisa kembangkan kompetensinya, yang sulit adalah siswa itu sendiri. Yang belajar tatap muka saja butuh kesiapan, apalagi ini secara Daring. Itu yang membuat, sehingga saya terus ingatkan para guru untuk tingkatkan kompetensinya dalam bidang TIK,” kata Siolimbona, Senin (31/8).

Dikatakan Siolimbona, meskipun berdasarkan kebijakan pemerintah, siswa tidak harus dipaksakan tuntas akademik, namun penting untuk guru menyiapkan dirinya agar mampu menyesuaikan pembelajarannya dengan kebutuhan siswa dalam kondisi pandemi ini.

“Jadi meskipun belajar tidak normal, tapi kesiapan guru harus tetap maksimal. Karena pola belajar kita sekarang ini berbeda. Sehingga kalau tidak diperhatikan, otomatis siswa akan jenuh dan itu berdampak bagi proses selanjutnya,” jelasnya.

Untuk itu, katanya, dalam berbagai kesempatan, baik secara internal maupun eksternal, dia turut terlibat aktif dengan menghadirkan para gurunya, guna meningkatkan kompetensi dalam menyiapkan materi pembelajaran Daring maupun Luring.

“Kita saat ini kan prosesnya door to door. Jadi selain siapkan materi Daring, guru juga harus siapkan materi Luring. Memang guru yang paling sulit, tapi karena kondisi, sehingga mau tidak mau, kita harus tetap semangat. Kalau guru tidak semangat, maka siswa juga tidak semangat. Intinya itu ada pada guru, kalau SDM guru baik, siswa juga pasti berkualitas,” pungkas Siolimbona.
(LAM)

Comment