by

Guru TK Butuh Pelatihan TIK

Ambon, BKA- Guru Taman Kanak-Kanak (TK), sangat membutuhkan pelatihan, guna menguasai Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

Kepala TK Negeri Ambon, Ona Mahulette, mengungkapkan, pelatihan tersebut sangat dibutuhkan, mengingat sejumlah guru TK saat ini, masih sangat minim dalam penguasan TIK. Mengakibatkan, proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tidak begitu maksimal.

“Artinya, proses belajar memang berjalan, tetapi ada kendala. Kendalanya adalah, karena banyak guru belum mahir TIK. Jadi, kalau memang ada sosialisasi atau pelatihan, sangat penting karena itu sangat dibutuhkan,”ungkap Mahulette, Senin (18/5).

Hal tersebut, katanya, agar proses PJJ yang sementara berlangsung ini bisa berjalan maksimal. Pasalnya, dengan penyebaran Covid-19 yang semakin meluas ini, belum dapat memastikan belajar di sekolah berlangsung. Untuk itu, Mahulette sangat berharap, agar pelatihan tersebut bisa dilakukan, agar belajar di rumah ini bisa berjalan sesuai dengan harapan.

“Proses belajar di rumah kan, terus berjalan seperti biasanya. Sehingga, kalau tidak ada pelatihan, maka tentu akan menjadi kendala selama PJJ ini berjalan. Karena itu, pelatihan sangat diharapkan, agar guru-guru yang belum mahir TIK bisa belajar. Paling tidak, ada pendampingan agar mereka bisa tauh sedikit tentang TIK yang ada,”ujar Mahulette.

Menurutnya, kondisi tersebut yang membuat para guru kesulitan dalam memberikan pelajaran kepada anak didiknya saat belajar di rumah. Sehingga, dibutuhkan pelatihan. Agar lewat teknologi, guru bisa memberikan arahan kepada orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya di rumah.

“Ini memang jadi kendala bagi kami di masa pandemic Covid -19 ini. Itu sebabnya, kami meminta agar pelatihan bisa di perbanyak bagi guru TK dalam penguasaan TIK.”pungkasnya. (LAM)

Comment