by

Gustu Ambon Bagikan Masker

Ambon, BKA- Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Ambon melalui Tim Pemantau dan Monitoring membagikan masker kepada masyarakat, guna mengedukasi masyarakat tentang pentingnya masker dalam upaya mencegah penularan virus covid 19.

Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten 2) Sekretaris Kota Ambon, yang juga Koordinator Tim Pemantau, Robby Silooy mengatakan, pembagian masker kepada masyarakat juga secara otomatis mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan selain mencuci tangan dan menjaga jarak.

Pasalnya, dari temuan dilapangan banyak masyarakat yang beraktivitas tidak menggunakan masker. Padahal masker sudah menjadi kewajiban bagi setiap masyarakat yang hendak beraktivitas di masa pandemi covid 19 saat ini.

“Seringkali kita dapati anggota masyarakat yang tidak menggunakan masker. Entah karena lupa, tidak punya, atau malas menggunakan masker. Karena itu, Pemerintah Kota Ambon lewat Tim pemantau membantu mengedukasi tentang manfaat penggunaan masker sebagai salah satu upaya mencegah covid 19,” terang Silooy, kepada wartawan, Selasa (21/7).

Menurut dia, sosialisasi lewat pembagian masker dilakukan serempak oleh semua Bidang Tim Pemantau yang terdiri dari 19 OPD dan dibantu anggota TNI/Polri.

“Secara serempak kita lakukan pembagian sesuai lokasi masing-masing bidang, yang direncanakan akan berlangsung hingga hari rabu besok (hari ini),” tuturnya.

Masker yang dibagikan kepada masyarakat, lanjutnya, merupakan bantuan alat pelindung diri (APD) yang disumbangkan sejumlah pihak kepada Pemerintah Kota untuk disalurkan kepada masyarakat.

“Kiranya masker yang dibagikan dapat dipergunakan masyarakat sebagaimana fungsinya demi kesehatan serta untuk membantu memutus penularan COVID-19 di Kota Ambon,” tambahnya.

Sebelumnya, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy juga telah melakukan sosialisasi di Pasar Mardika dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat yang ada terkait penggunaan masker.

Sebab dalam waktu dekat Presiden RI, Joko Widodo akan mengeluarkan Instruksi Presiden terkait sanksi penggunaan masker. Dengan begitu sosialisasi yang dilakukan dinilai tepat untuk mengedukasi masyarakat sebelum nantinya ada instruksi untuk memberikan sanksi kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker dengan benar.

Dikatakan, saat ini masyarakat sudah semakin sadar tentang pentingnya menggunakan masker namun masih ada masyarakat yang belum betah menggunakan masker. Dimana kedapatan masker yang dipakai seringkali dilepas atau diturunkan.

“Secara objektif masyarakat itu sudah semakin tahu sudah semakin sadar bagaimana pentingnya itu memakai masker, menjaga jarak lalu cuci tangan. Itu kalau kita lihat cuma memang ada yang masih tidak betah dia pakai masker tapi suatu waktu dia lepas nah ini mesti diedukasi terus untuk itu,” pesan Walikota baru-baru ini. (DHT).

Comment