by

Gustu Diminta Perketat Izin Perjalanan Warga Zona Merah

Ambon, BKA- Gugus Tugas (Gustu) Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Provinsi Maluku diminta memperketat penurusan surat izin perjalanan warga zona merah, Kota Ambon, untuk ke kabupaten dan kota lainnya di Maluku.

Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di daerah lain di Maluku. Demikian disampaikan Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimuri, saat membuka rapat kerja tim pengwasan Covid-19 DPRD Provinsi Maluku.

Sebagai fungsi kontrol dalam pengawasan Covid-19, khusus jalur transportasi udara, laut dan darat, tim pengawasan Covid-19 harus turun langsung untuk melakukan pemantauan lapangan.

Sementara hasil kajian tim Covid-19 DPRD Maluku, menyebutkan, kalau salah satu penyebab peningkatan angka pasien Covid-19 di Maluku berkenaan dengan pintu perhubungan, baik itu perhubungan transpotasi laut, udara maupun darat. Sehingga harus ada solusi untuk mengatasi hal itu.

“Dengan ditemukannya dua orang yang melakukan perjalanan ke MBD menggunakan kapal perintis postif Covid-19, kejadian ini yang membuat DPRD semakin kuat melakukan tugas pengawasan. Sehingga kedepan tidak lagi menemukan hal yang sama terjadi,” ucapnya.

Karena itu, katanya, pembuatan surat ijin perjalanan harus diperketat. “Surat ijin perjalanan harus mengantongi hasil tes cepat, sesuai dengan ketentuan kapan saja perjalanan itu akan dilakukan,” pungkas Wattimury. (RHM)

Comment