by

Gustu: Masyarakat Anggap Enteng

Positif Covid-19 50 Orang

Ambon, BKA- Ketua Gugus Tugas (Gustu) Percepatan dan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Maluku, Kasrul Selang, menyayangkan sikap masyarakat yang sampai saat ini masih menganggap enteng Covid-19 yang kian memprihatinkan.

“Kita agak susah melihat ini hasil tracking dari pasien mana, karena ini sudah ada dalam komunitas. Saya bilang sekali lagi, teman-teman di media yang ikuti perkembangan ini, seakan-akan masyarakat anggap enteng,” paparnya, di depan Kantor Gubernur Maluku, Minggu (12/5).

Kasrul menjelaskan, telah menemukan beberapa pasien saat masuk rumah sakit dan dilakukan pemeriksaan, hasilnya menunjukkan reaktif atau positif Covid-19.

“Tiba-tiba sakit dan kita tidak tahu dari mana. Setelah diperiksa, hasilnya positif Covid. Itu tandanya, sudah ada di komunitas. Tanpa bersentuhan dengan pasien mana pun, tanpa melakukan perjalan dari mana pun, tiba-tiba sakit. Setelah diperiksa, swab-nya positif,” tuturnya

Untuk itu, dia hanya meminta kepada masyarakat agar selalu mengikuti anjuran pemerintah, guna memutus penyebaran Covid-19 kepada masyarakat yang belum tertular.

“Saya itu hanya minta dua saja, jaga jarak dan tetap dirumah. Kalau tidak ada keperluan yang mendesak, jangan lagi keluar rumah. Ini sangat menyedihkan buat kita sebenarnya, berbanding lurus dengan kehidupan kita dalam kota ini, sudah tambah ramai dan seterusnya. Himbauan-himbauan untuk tetap diam di rumah, kayaknya belum efektif,” tegasnya.

Dia menambahkan, sampai saat ini, pasien positif Covid-19 sudah tembus 50 orang. Dari 50 pasien positif itu, 17 diantaranya sembuh, empat meninggal dunia. Namun jika dibandingkan dengan pasien positif hari kemarin, hanya 36.

“Mereka yang penambahan itu, kita mulai dari pasien 37 sampai pasien 50,” jelasnya.

Empat belas pasien tersebut dinyatakan positif ketika sample mereka dikasih kepihak BTKL-PP kelas II Ambon, untuk dilakukan pemeriksaan. Hasilnya, semua reaktif atau positif Covid-19.

“Sample atau spesimen yang diperiksa, ternyata 14 positif. Berarti hampir 50 persen. Ini sangat menyedihkan buat kita sebenarnya, berbanding lurus dengan kehidupan kita dalam kota ini, sudah tambah ramai dan seterusnya, ” cetusnya.

Selain itu, dia melanjutkan, seluruh pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sekarang ini terdapat 29 orang. Kondisi mereka baik-baik.

“Iya, kalau kondisi mereka semua sekarang dalam kondisi yang baik, termasuk pasien-pasien positif yang lama,” pungkasnya.(BKA-1)

Comment