by

Harga Bawang Merah Merangkak Naik

Ambon, BKA- Harga bawang merah yang dijual di pasar rakyat saat ini kembali merangkak naik. Setelah sebelumnya naik dari harga normal Rp 36 ribu per kilogram menjadi Rp 60 ribu per kilogram, harga bawang saat ini kembali naik menjadi Rp 70 ribu per kilogram.

Aminah (42), salah satu pedagang bawang di pasar Mardika mengatakan, harga bawang merah yang dijual saat ini memang mengalami peningkatan. Dimana untuk bawang merah sendiri telah di jual dengan harga Rp 70 ribu per kilogram, dari harga beberapa hari lalu yang juga naik Rp 60 ribu per kilogram.

“Iya, jadi bawang merah ini sekarang ada naik 1 kilo itu 70 ribu. Memang kemarin juga ada naik harga 60 ribu per kilog juga,” ungkap Aminah, kepada koran ini, saat ditemui di pasar Mardika, Selasa (9/6).

Diturukan, kenaikan harga bawang merah ini naik sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh agen bawang. “Memang kita ambil dari agen itu harganya mahal jadi otomatis kita jual juga mahal,” beber dia.

Walaupun begitu, Ia mengungkapkan masyarakat tetap membeli bawang merah karena merupakan salah satu bumbu yang penting. “Biar begitu tetap masyarakat beli mau tidak beli lalu mau masak bagaimana,” tambahnya.

Ia tetap menginginkan harga bawang merah tetap turun sehingga pembeli yang membeli bawang merah tidak mengeluh dan membeli dalam porsi yang banyak.

Sementara itu, untuk bawang putih, akuinya mengalami penurunan dimana harga sebelumnya Rp 40 ribu per kilogram, saat ini menjadi Rp 30 ribu per kilogramnya.

“Kalau untuk bawang putih memang lagi turun. Jadi memang banyak yang beli bawang putih karena lagi murah,” imbuhnya.

Sementara itu, Maya salah seorang pembeli mengungkapkan, lebih memilih membeli bawang putih karena harganya yang murah. “Saya beli bawang putih saja, bawang merah mahal jadi memang nanti masak pakai bawang putih saja,” ungkapnya.

Ditambahkan, dengan kondisi saat ini, dirinya lebih memilih menghemat dengan membeli yang harganya murah. (DHT)

Comment