by

Harga Telur Ayam Melonjak

Ambon, BKA- Harga telur ayam, khususnya telur ayam ras, di pasar tradisional di Kota Ambon mengalami kenaikan atau melonjak.

Sebelumnya harga telur ayam ras dijual pedagang dengan harga Rp 1.700 per butir. Saat ini naik menjadi Rp 1.900 per butir.

Untuk harga per rak telur ayam ras, sebelumnya dijual pedagang dengan Rp 51.000. Sekarang menjadi Rp 57.000 per raknya.

Salah seorang pedagang telur yang berada di pasar Mardika, Eza, mengatakan, harga telur ayam ras saat ini memang mengalami lonjakan dari harga sebelumnya.

Namun dia tidak mengetahui penyebab lonjakan harga telur ayam ras tersebut. Yang dia tahu, kenaikan harga jual pedagang itu dipengaruhi oleh harga ambil dari distributor yang juga tinggi.

“Harga telur ayam ras memang naik, karena kita ambil di distributor juga harganya sedikit melonjak dari harga sebelumnya. Jadi kita juga harus menjualnya dengan harga yang wajar,” ujarnya, Selasa (14/7).

Harga yang ditawarkan oleh distributor saat ini, kata Eza, Rp 310.000 per ikat dengan jumlah total telur yang diperoleh sebnyak 180 butir.

Dengan begitu, katanya, para pedagang juga menjualnya dengan harga yang bisa memperoleh keuntungan sedikit, dari harga beli yang dikeluarkan.

Kenaikan harga itu, terangnya, tidak ada kaitannya dengan momen Idul Adha mendatang. Tapi memang karena harga yang ditawarkan distributor cukup tinggi.

Salah satu warga Kota Ambon, Risma, mengungkapkan, walaupun harga telur mengalami kenaikan, namun dia tetap membeli telur untuk memenuhi kebutuhan.

Pasalnya, dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maupun pandemi Covid-19 yang melanda kota Ambon saat ini, telur menjadi salah satu pilihan utama masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

“Saya jarang keluar rumah, karena takut dengan pandemi Covid- 19. Sehingga telur dapat disimpan dalam jangka waktu yang relatif cukup lama, dan dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi selain ikan dan daging,” tandasnya. (DHT).

Comment