by

Hari ini, Paripurna PAW RR

Ambon, BKA- DPRD Provinsi Maluku merencanakan menggelar rapat paripurna Pergantian Antara Waktu (PAW) Ricard Rahakbauw (RR) dari posisi Wakil Ketua DPRD Maluku hari ini, Jumat (8/5).

Terhadap rencana tersebut, RR mengatakan, telah siap dan menerima hal tersebut dengan lapang dada.

Polimik PAW RR sebagai Wakil Ketua DPRD Maluku sudah berlangsung sekian lama, sebelum pelantikan pimpinan dilembaga legislator Maluku periode 2019-2024.

Sikap perlawanan terus RR lakukan. Namun akhirnya dia legowo menerima keputusan partai berlambang beringin itu, agar tidak terjadi perpecahan yang berkepanjangan.

“Saya sudah siap dengan lapang dada, terhadap usulan keputusan Partai Golkar. Jadi apa untungnya kalau kita harus lawan tanding seperti itu terus, lalu Golkar harus hancur. Sehingga saya harus legowo untuk menerimanya,” kata RR kepada awak media, Rabu(6/5).

Dirinya mengaku, setelah di PAW akan siap melaksanakan aktivitas sebagai anggota DPRD biasa, seperti anggota DPRD lainnya.

“Jadi agendanya, beta rencanakan hari Jumat, pekang ini, agar lebih cepat lebih baik. Dan saya juga minta kepada Ketua Dewan, kalau di paripurna nanti, saya yang pimpin agar tidak ada dusta diantara kita,” pintanya.

Untuk itu, dia menegaskan, apabila pasca PAW dirinya sebagai salah satu Wakil Ketua DPRD selesai, masih terjadi persoalan internal Partai Golkar, maka itu sudah diluar tanggung jawabnya. Sebab sebagai kader partai, dirinya sudah legowo dan menerima keputusan PAW itu.

Sebelumnya, Ketua DPRD Maluku, Lucky Watiimury dan Wakil Ketua DPRD Maluku, Asis Sangkala, juga mengutarakan hal yang sama. Kalau DPRD dalam waktu dekat sudah bisa melaksanakan rapat paripurna PAW RR dari kursi Wakil Ketua DPRD.

Keduanya mengatakan, dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD, RR juga telah menyatakan kesiapannya untuk meletakan jabatannya sesuai keputusan Partai Golkar.

Untuk itu, mereka memberikan apresiasi terhadap keputusan Richard Rahakbauw dalam menyelesaikan masalah internal partai.

“Tadi dan Bamus juga membahas berbagai agenda besar, salah satunya menyelesaikan PAW RR dari posisi Wakil Ketua DPRD ke Rasyad Effendy Latuconsina,” ujar mereka.

Secara pribadi, Asis menyampaikan, salut dengan sikap RR, yang dengan legowo menerima keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, untuk memberikan jabatannya kepada Rasyid Effendy Latuconsina.

“Bahkan beliau dengan Pak Efendi juga sudah saling berpelukan,” akuinya.

Menurutnya, selama ini DPRD tidak berniat untuk memperlambat proses PAW RR Ke Rasyad Effendy Latuconsina.

Kalau pun ada yang mengatakan seperti itu, Asis dengan tegas menolak anggapan itu. Tidak benar. Buktinya, sudah ditetapkan waktu paripurnanya dan itu akan dilaksanakan pada Jumat atau Senin bulan ini juga.

Bahkan agenda waktunya, RR sendiri yang meminta untuk prosesnya dipercepat. “Ini dimaksudkan, agar tidak lagi ada hambatan diinternal Partai Golkar, begitu juga di DPRD Provinsi Maluku,” pungkasnya. (RHM)

Comment