by

Hasil Swab 10 OPD Segera Keluar

Ambon, BKA-Hasil pengambilan swab terhadap para pegawai di 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Ambon, segera dikeluarkan Dinas Kesehatan Kota Ambon.

Jubir Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adrinasz mengatakan, hasil pengambilan swab yang telah dilakukan terhadap 10 OPD tersebut tidak memakan waktu lama. Yakni dalam waktu dekat akan diumumkan oleh dinas terkait.

“Kita tunggu saja, pasti minggu ini sudah ada hasilnya,” singkat Joy saat dikonfirmasi koran ini, Rabu (19/8)

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk bisa memastikan apakah para ASN Pemkot terpapar Covid-19 atau tidak, selama menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pelayanan masyarakat di masa pandemi.

Selain itu, pengambilan swab yang dilakukan untuk mencegah munculnya kluster baru di perkantoran.

“Tes Swab pertama yang dilakukan oleh dinas Kesehatan Kota Ambon, kepada beberapa OPD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, diantaranya Dishub, Dinas Perumahan Rakyat dan sebagian dari Satpol-PP, akan segera keluar, ” ujarnya.

Lebih lanjut, Jelas Joy, pengambilan swab kepada sepuluh OPD itu, karena mereka yang bertugas di lapangan, sehingga harus dilakukan pengambilan swab secara massal.

Ia mengakui, ada sedikit kesulitan saat pengambilan swab. Karena disaat pengambilan swab, terdapat sejumlah pegawai yang sementara bertugas di lapangan. Sehingga harus menunggu waktu berikutnya untuk dilakukan swab kepada pegawai yang belum diambil swab.

“Memang ada beberapa OPD yang anggotanya belum dilakukan tes swab. Mereka adalah OPD yang bertugas di lapangan seharian, seperti Satpol-PP dan Dishub. Namun, dalam pekan ini, kami bisa pastikan semuanya sudah bisa selesai melakukan tes Swab, ” tuturnya.

Joy menambahkan, Pemerintah Kota belum terlalu lama ini, sudah menghentikan aktivitas Pelayanan Surat Keterangan Keluar Masuk (SKKM). Dan jika ada masyarakat yang ingin membuat SKKM, bisa dilakukan secara online.

Hal ini dilakukan, guna mencegah penyebaran virus mematikan, dan menurunkan angka pasien yang terkoneksi positif Covid-19.

“Penerbitan surat keluar bagi pelaku perjalanan telah dihentikan oleh Pemkot Ambon. Namun bagi yang ingin masuk Ambon, proses pembuatan surat ijin masuknya bisa dilakukan secara online,” pesannya. (BKA-1).

Comment