by

Hasil Swab Disampaikan Lewat Telepon

Ambon, BKA- Bermaksud mempercepat proses tracking, hasil pengambilan swab terhadap seseorang di kota Ambon apakah terkonfirmasi positif maupun negatif, sering dilakukan hanya melalui telepon. Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, di Ambon, Kamis (17/9) kemarin.

“Kita butuh waktu cepat, surat memerlukan orang untuk pergi mengantarkannya. Tapi kalau kita langsung sampaikan lewat WA kita bisa langsung dapatkan tracking,” ungkap Wendy.

Menurut dia, hal tersebut juga untuk mempercepat memutus mata rantai Covid-19. Dan setelah ditelepon untuk memberitahukan hasil swab sudah keluar, baru nantinya disusul dengan surat keterangan hasil swab. “Lebih cepat untuk memutus mata rantai penularan, nanti baru surat nyusul, ” akuinya
Dituturkan, dengan pola seperti itu, untuk orang yang mengetahui hasil swabnya dinyatakan positif, agar tidak beraktivitas atau keluyuran hingga menyebarkan Covid-19.

“Sekarang kita mau tunggu surat daripada tiga hari baru surat keluar, terus orang tersebut sudah berjalan kiri-kanan. Lebih baik pas keluar langsung kita telepon, langsung pasien disuruh istrahat di rumah untuk besoknya,” terang dia.
Sementara itu, jika orang yang sudah mengetahui hasil swab positif, saat itu juga tim kesehatan akan langsung menyambangi yang bersangkutan untuk melakukan pengambilan swab.

“Jadi kalau hasil keluar maka besoknya Dia punya keluarga langsung di swab. Coba bandingkan kalau kita mesti tunggu surat, sementara kemajuan ekonomi sudah ada seperti yang pak Walikota bilang, nanti baru suratnya nyusul,” imbuhnya.
Ia menambahkan, setelah mengetahui hasil swab tersebut, yang bersangkutan langsung dibawa ke lokasi karantina.

“Kita kan mau cepat, iya memang kita suruh mereka yang positif ini datang sendiri ke lokasi karantina untuk berobat kan. Karena terlalu banyak orang yang positif, makanya kami sudah tidak sanggup kalau mau jemput satu-satu,” tutup Wendy. (BKA-1)

Comment