by

IAKN Komitmen Kembangkan Mutu Ditengah Covid-19

Ambon, BKA- Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon berkomitmen akan tetap mengembangkan penyelenggaraan mutu pendidikan, walau di tengah Covid-19.

Komitmen itu disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Yance Z. Rumahuru. Menurutnya, walau kondisi saat ini tidak begitu membaik, akibat penyebaran virus corona, tapi mutu pendidikan harus tetap berkembang dengan cara-cara yang inovatif. Misalnya, dengan memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ada.

“Jadi, IAKN yang adalah salah satu kampus di Maluku, telah berkomitmen untuk tetap mengembangkan mutu pendidikan di masa pandemi ini. Itu berarti, untuk calon mahasiswa yang ingin mengembangkan diri lewat pendidikan formal di berbagai Perguruan Tinggi (PT), baik negeri maupun swasta, masih punya peluang yang sangat besar untuk melanjutkan pendidikannya. Meskipun penyebaran virus terus meluas,” ujar Rumahuru, diruang kerjanya, Selasa (16/6).

Untuk itu, katanya, pandemi Covid-19 bukan sebuah alasan untuk menghentikan langkah anak untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Misalnya di IAKN Ambon.

Di IAKN Ambon, semua proses perkuliahan dan sebagainya selalu memperhatikan protokoler kesehatan. Bahkan berbagai strategi pembelajarannya yang akan dilakukan mahasiswa telah dipikirkan dan disiapkan. Diantaranya, menggunakan pembelajaran berbasis Dalam Jaringan (Daring) atau online.

” Karena itu, tidak perlu ragu. Selain memperhatikan protokler kesehatan, kita sudah persiapkan lagi untuk daring agar tidak ada alasan. Semua kesiapan IAKN Ambon menyelenggarakan pendidikan dalam masa pandemi Covid-19 ini, sistemnya sudah dibenahi. Sehingga memungkinkan perkuliaahn secara online berjalan lebih baik,” paparnya.

Upaya penerapan strategi pembelajaran serta pembenahan sistem di kampus tersebut, katanya, tidak mengurangi standar dan mutu pendidikam itu sendiri. Sehingga semua proses pembelajaran di tahun akademik baru nanti, akan berjalan maksimal serta berkualitas.

“Semua dosen, kami sudah mintakan untuk mempersiapkan modul pembelajarannya dengan baik, agar mahasiswa bisa terbantu. Karena semua akan berjalan secara online,” ulasnya.

Untuk itu, lanjut Rumahuru, bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di kampus tersebut, jangan pernah ragu untuk mendaftarkan diri. Selain aman dan kualitas terjamin, kampus yang menyelenggarakan 12 Program studi (prodi) tersebut juga telah menyediakan berbagai jenis beasiswa, yang bisa membantu mahasiswa selama masa perkuliahan.

“Tersedia beasiswa bidikmisi dan PPA bagi mahasiswa yang sedang jalan. Sedangkan untuk mahasiswa baru, tersedia beasiswa KIP kuliah juga PPA. Jadi, selain kita berkomitmen mengembangkan mutu pendidikan, ada juga beasiswa yang bisa membantu mahasiswa. Dan kita sudah siap untuk itu,” pungkas Rumahuru. (LAM)

Comment