by

IBL Dilanjutkan 4 September 2020

Jakarta, BKA- Hari ini, Rabu, 10 Juni 2020, IBL mengadakan manager meeting dengan sembilan tim kontestan. Hasilnya IBL musim ini bakal dilanjutkan 4 September hingga 5 Oktober 2020. Babak playoff hingga final, diselenggarakan di satu kota. Pilihannya antara Yogyakarta dan Jakarta.
Direktur IBL, Junas Miradiarsyah menyebut bahwa format lanjutan IBL tidak berubah. Semua tim setuju untuk memulai kembali kompetisi tersebut langsung ke babak playoff.

“Setelah melakukan pembicaraan, semangatnya adalah bagaimana kami menyiapkan diri untuk melanjutkan musim 2020. Formatnya langsung playoff hingga final,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, disepakati bahwa penyelenggaraan lebih baik dilakukan di satu kota. Karena mempertimbangkan berbagai kondisi kesehatan yang berkembang saat ini. Untuk pilihan kota ada Yogyakarta dan Jakarta. Namun untuk keputusan akhir akan diambil menurut situasi yang berkembang nanti.

“Keputusan di satu kota ini diambil karena faktor keamanan dan juga efisiensi pembiayaan,” sambung Junas.

Selanjutnya yang menjadi fokus pembahasan adalah pemain asing. Situasi di luar negeri saat ini juga belum pasti. Ditambah lagi, kondisi politik di Amerika Serikat sedang tidak bagus. Sementara itu, mayoritas pemain asing IBL 2020 berasal dari Amerika Serikat. Tentu situasi ini tidak mudah bagi IBL.

Prosedur kedatangan dan potensi yang mungkin terjadi didalam perjalanan lintas negara juga menjadi bahan pembicaraan dalam forum ini. IBL dan para klub juga peduli tentang keselamatan pemain. Akhirnya, dari beberapa hal yang dibahas, ada pembicaraan juga mengenai opsi melanjutkan liga dengan pemain lokal.

“IBL berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk kembali menggelar kompetisi. Termasuk juga membuat panduan pelaksanaan, serta panduan latihan bagi tim peserta. Namun untuk dapat dilanjutkan kembali, IBL harus mendapatkan restu dari federasi (PP Perbasi) dan Pemerintah Republik Indonesia. Kami terus update perkembangan hingga akhir bulan Juni ini,” kata Junas. (INT)

Comment